Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Guru di Pesantren.

Saleh, Minhayati and Munadi, Sudji (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Guru di Pesantren. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-minhayati saleh-15701261004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen penilaian kompetensi guru di pesantren, (2) mendeskripsikan kualitas instrumen penilaian kompetensi guru di pesantren, (3) mendeskripsikan capaian kompetensi guru di pesantren, (4) mendeskripsikan kepraktisan instrumen penilaian kompetensi guru di pesantren. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari Mardapi. Prosedur pengembangan terdiri atas 3 tahapan yaitu: perencanaan instrumen, uji coba instrumen, dan pengukuran. Penelitian dilakukan di 11 pesantren di karesidenan Surakarta dengan jumlah subjek coba 1232 peserta didik, 525 teman sejawat dan 178 guru yang dinilai atasan. Karakteristik instrumen penilaian yang dikembangkan didasarkan pada validitas isi, validitas konstruk, dan reliabilitas, serta kepraktisan penggunaannya. Validitas isi didasarkan pada data hasil penilaian atau telaah expert judgment yang dianalisis dengan formula Aiken V. Validitas konstruk dibuktikan dengan second order Confirmatory Factor Analysis (CFA). Reliabilitas instrumen diestimasi menggunakan koefisien Omega atau Mc.Donald. Untuk menilai kepraktisan instrumen penilaian dilakukan oleh 130 pengguna. Sementara itu untuk menganalisis karakteristik item melalui analisis model Rasch, serta analisis fungsi informasi dan kesalahan baku estimasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) instrumen penilaian kompetensi guru di pesantren terdiri dari empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Instrumen ini memiliki 17 indikator dan 52 butir, yang tersebar di kompetensi pedagogik 14 butir, kompetensi kepribadian 21 butir, kompetensi sosial 8 butir dan kompetensi profesional 9 butir. (2) instrumen penilaian kompetensi guru di pesantren yang dikembangkan secara teoritis dan empiris terbukti berkualitas baik, akurat dan terpercaya berdasarkan konstruk instrumen yang dihasilkan, validitas isi melalui telaah expert judgement telah memenuhi item-item instrumen dengan indeks V Aiken sebesar 0,88 – 1,00, validitas konstruk dan reliabilitas konstruk menunjukkan seluruh item valid dan reliabel berdasarkan muatan-muatan faktornya. (3) capaian kompetensi guru berdasarkan penilaian peserta didik, teman sejawat dan atasan berada pada kategori sedang. (4) instrumen penilaian kompetensi guru di pesantren dinilai praktis digunakan oleh pengguna. Penilaian ini sudah memenuhi persyaratan pengujian atau telah diuji coba sehingga dapat digunakan sebagai standar untuk penilaian kompetensi guru di pesantren.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, kompetensi guru, pesantren
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:22
Last Modified: 05 Jul 2022 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73382

Actions (login required)

View Item View Item