Model Penilaian Kompetensi Matematika Abad XXI pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika.

Dewanti, Sintha Sih and kartowagiran, Badrun (2022) Model Penilaian Kompetensi Matematika Abad XXI pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-sintha sih dewanti-18701261013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model penilaian Kompetensi Matematika Abad XXI (KMA) yang terdiri dari instrumen penilaian, panduan penskoran, dan kriteria kelulusan. Secara rinci, tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan: 1) konstruk KMA; 2) instrumen penilaian KMA yang valid dan reliabel; 3) panduan penskoran KMA yang cocok; 4) kriteria kelulusan KMA yang akurat; 5) panduan penggunaan model penilaian KMA yang berkualitas; dan 6) profil KMA mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu: 1) review literatur dan studi lapangan; 2) perencanaan tujuan; 3) pengembangan bentuk produk awal; 4) uji coba keterbacaan; 5) revisi; 6) uji coba skala terbatas; 7) revisi; 8) pelaksanaan penilaian; 9) analisis hasil penilaian; dan 10) interpretasi hasil analisis. Model penilaian KMA terdiri dari instrumen penilaian, panduan penskoran, dan kriteria kelulusan. Uji coba keterbacaan (instrumen penilaian) kepada 9 mahasiswa, uji coba skala terbatas (instrumen penilaian dan panduan penskoran) kepada 236 mahasiswa, dan pelaksanaan penilaian menggunakan model penilaian kepada 784 mahasiswa. Soal tes berbentuk uraian mengacu pada 8 sub kompetensi matematika dan matematika esensial dengan penskoran butir politomus yang disusun secara logis dari 0 sampai 3. Instrumen divalidasi isi oleh 7 expert judgment yang selanjutnya dianalisis dengan formula Aiken. Bukti validitas konstruk instrumen diperoleh dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), sedangkan estimasi reliabilitas dengan Alpha Cronbach dan Omega. Penskoran KMA menggunakan pendekatan Multidimensional Item Respons Theory (MIRT). Kriteria kelulusan KMA ditetapkan dengan metode standard setting. Panduan penggunaan model penilaian KMA divalidasi isi oleh 10 dosen pengguna model penilaian pada tahap pelaksanaan penilaian, selanjutnya dianalisis validitas dengan formula Aiken dan reliabilitas inter-rater. Profil KMA mahasiswa dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan disajikan dalam bentuk laporan. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Model penilaian KMA memiliki karakteristik sesuai struktur model dengan tipe within-item MIRT yang terdiri dari 2 dimensi kompetensi, yaitu dimensi 1 = KTJM (kompetensi untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dalam dan dengan matematika) dan dimensi 2 = KBAM (kompetensi yang berkaitan dengan penggunaan bahasa dan alat matematika); 2) Instrumen penilaian KMA berkualitas baik ditinjau dari validitas dan reliabilitas; 3) Penskoran KMA dengan pendekatan Multidimensional Generalized Partial Credit Model (MGPCM) berkualitas baik ditinjau dari hasil uji kecocokan dan nilai parameter yang dihasilkan; 4) Kriteria kelulusan KMA ditetapkan dengan grup kontras dengan cut-off score dimensi KTJM = 0,853 dan dimensi KBAM = 0,813 (skala logit); 5) Panduan penggunaan model penilaian KMA berkualitas baik ditinjau dari aspek substansi, konstruksi, kebahasaan, dan praktikalitas; dan 6) KMA mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika berkategori baik, yaitu berada pada interval -1,824 <

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kompetensi matematika abas XXI, mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Matematika, MGPCM, MIRT, model Penilaian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:11
Last Modified: 13 Jun 2022 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73381

Actions (login required)

View Item View Item