Evaluasi Program Ma’had Aly di Pesantren.

Fadil, Fadil and Zamroni, Zamroni (2021) Evaluasi Program Ma’had Aly di Pesantren. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-fadil-13701261015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi terhadap Program Ma’had Aly di Pesantren. Tujuanya adalah untuk mengungkapkan (1) evaluasi aspek input (antecedent), proses (transaction), dan hasil (outcome), pada tahap intensi maupun observasi pada Program Ma’had Aly di pesantern; (2) evaluasi aspek proses (transactions) evaluasi tahap intensi maupun observasi pada Program Ma’had Aly di pesantern; (3) evaluasi aspek hasil (oucome) tahap intensi maupun observasi pada Program Ma’had Aly di pesantren. Penelitian evaluasi ini menggunakan model evaluasi Countenance Stake. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi sebagai data pendukung. Validasi instrumen menggunakan validitas isi, dan konstrak, dengan bantuan expert judgment yangmeliputi empat ahli di bidang evaluasi, pengukuran, maupun agama, kemudian dianalisis dengan menggunakan formula Aiken’s, dan reliabilitas instrumen diananlaisis dengan menggunakan formula Alpha’s Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan Program Ma’had Aly di Pesantren adalah sebagai berikut: (1) evaluasi aspek input (antecedent) pada tahap intensi hasilnya sangat baik, sedang pada tahap observasi memperoleh hasil dengan kriteria baik; (2) evaluasi aspek proses (transaction) pada tahap intensi hasilnya pada kategori sangat baik, sedang pada tahap observasi hasilnya juga pada kategori sangat baik; (3) aspek hasil (outcome) pada tahap intensi hasilnya pada kategori baik, sedang pada tahap observasi hasilnya pada kategori baik. Hasil analisis evaluasi pada tahap intensi dan observasi diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Terjadi perbedaan hasil evaluasi antara intensi dan observasi pada fase antecedent, transaktion, dan outcome pada beberapa indikator, (2) adanya kesesuaian (congruence) antara intensi dengan observasi, hanya pada beberapa indikator terdapat ketidaksesuaian, fase antecedent ada dua indikator, pada fase transaction, dan outcome masing satu indikator yang tidak seseuai, (3) Keterhubungan (contigency) antara antecedent, transaction dan outcome terdapat beberapa point penilaian yang cenderung lebih rendah dan ada beberapa yang lebih tinggi, akan tetapi dari sisi penilaian poin matriks masih dikategorikan sangat baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Ma"had Ali, Pesantren, Countenance Stake
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:01
Last Modified: 13 Jun 2022 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73380

Actions (login required)

View Item View Item