Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah untuk Pembelajaran Fisika SMA.

Ekawati, Elvin Yusliana and Istiyono, Edi (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah untuk Pembelajaran Fisika SMA. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-elvin yusliana ekawati-13701261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mendesain konstruk instrumen penilaian sikap ilmiah untuk pembelajaran fisika di SMA, (2) membuktikan validitas dan reliabilitas instrumen penilaian sikap ilmiah untuk pembelajaran fisika SMA yang dikembangkan, (3) mendeskripsikan hasil penilaian sikap ilmiah peserta didik SMA yang berada di wilayah eks Keresidenan Surakarta pada pembelajaran fisika, berdasarkan instrumen penilaian sikap ilmiah yang telah dikembangkan, (4) menguji perbedaan hasil penilaian sikap ilmiah peserta didik yang berada di wilayah Surakarta, Karanganyar, Sukoharjo dan Boyolali dengan instrumen sikap ilmiah yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen pada ranah domain afektif dengan mengikuti prosedur penelitian yang dikembangkan oleh Gable & Wolf (1993). Uji coba dilakukan di SMA yang berada di wilayah eks Keresidenan Surakarta yang terdiri dari: uji coba skala kecil, uji coba terbatas dan uji coba diperluas. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 642 orang peserta didik SMA, 45 orang guru fisika SMA, 13 orang teman sejawat dan 5 orang ahli. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, angket penilaian diri dan penilaian teman sejawat. Analisis data untuk memperoleh informasi tentang validitas isi menggunakan formula Aiken (1985), untuk validitas konstruk dengan menggunakan 2nd CFA, untuk reliabilitas komposit dengan formula Omega, sedangkan untuk analisis hasil respon instrumen dengan analisis deskriptif dan uji MANOVA One Way yang dilanjutkan uji Post Hoc. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Instrumen penilaian sikap ilmiah menggunakan konstruk sikap ilmiah yang meliputi 6 komponen, yaitu: sikap ingin tahu, objektif, cermat sebelum membuat keputusan, berpikiran terbuka, jujur, dan tekun. (2) Instrumen penilaian sikap ilmiah yang dikembangkan sudah dibuktikan memiliki validitas isi, validitas konstruk, reliabilitas komposit dan estimasi reliabilitas instrumen yang sesuai dengan kriteria yang baik. Indeks V Aiken tiap butir untuk masing-masing instrumen yaitu pada kisaran antara 0,87 – 1,00 telah memenuhi minimal Vtabel = 0,87. Bukti validitas konstruk yaitu nilai LSF tiap butir untuk masing-masing instrumen berkisar antara 0,63 – 0,99 telah memenuhi batas minimal 0,3 dan nilai t berkisar antara 5,22 – 45,78 telah memenuhi batas minimal 1,96. Estimasi CR yang diperoleh berada pada kisaran 0,787 – 0,996 dan telah memenuhi batas minimal 0,7. Estimasi reliabilitas instrumen telah memenuhi batas minimal 0,7, untuk penilaian diri sebesar 0,910, observasi sebesar 0,910 dan penilaian teman sejawat sebesar 0,966. (3) Pencapaian sikap ilmiah dengan menggabungkan skor dari 3 bentuk penilaian diperoleh hasil bahwa pencapaian peserta didik yang paling tinggi yaitu pada komponen sikap ingin tahu dengan 81% peserta didik mendapatkan predikat sangat baik. Pencapaian yang paling rendah yaitu pada komponen objektif dengan hanya 28% peserta didik mendapatkan predikat sangat baik. (4) Tidak ada perbedaan yang siginifikan antara pencapaian sikap ilmiah peserta didik yang dinilai dengan instrumen penilaian diri dan penilaian dengan observasi, tetapi terdapat perbedaan yang signifikan pencapaian sikap ilmiah peserta didik yang dinilai dengan instrumen penilaian teman sejawat yang ditinjau dari lokasi SMA di wilayah eks Keresidenan Surakarta.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen, penilaian, sikap ilmiah, pembelajaran fisika SMA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:45
Last Modified: 13 Jun 2022 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73379

Actions (login required)

View Item View Item