Pengembangan Model Bimbingan Kejuruan Terintegrasi di Sekolah Menengah Kejuruan pada Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan.

Mutaqin, Mutaqin and Soenarto, Soenarto (2021) Pengembangan Model Bimbingan Kejuruan Terintegrasi di Sekolah Menengah Kejuruan pada Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-mutaqin-14702261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model bimbingan kejuruan terintegrasi di sekolah menengah kejuruan pada program kehalian teknik ketenagalistrikan yang dapat digunakan sebagai layanan untuk meningkatkan kesiapan siswa memasuki dunia kerja, (2) mengetahui tingkat kelayakan model bimbingan kejuruan terintegrasi yang dihasilkan tersebut, dan (3) mengetahui keefektifan model bimbingan kejuruan terintegrasi yang dihasilkan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI dan XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMKN 3 Yogyakarta dan SMKN 2 Yogyakarta. Pengambilan data melalui angket, wawancara, dan observasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk memberikan narasi yang logis sesuai dengan tujuan penelitian. Analisis kuantitatif dilakukan untuk analisis kevalidan, keterlaksanaan, keefektifan, dan kepraktisan model bimbingan kejuruan terintegrasi yang dikembangkan. Analisis data kevalidan model dilakukan dengan analisis deskriptif dan pengukuran tingkat reliabilitas antarpenilai melalui Coefficient Cohen's Kappa. Analisis data keterlaksanaan model dengan perhitungan tingkat percentages of agreements antarpenilai. Analisis data keefektifan model diukur dari respon siswa terhadap implementasi model dan dampak penerapan model bimbingan kejuruan terintegrasi terhadap kesiapan siswa untuk memasuki dunia kerja, dilakukan dengan metode paired sample t test. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Telah dihasilkan model bimbingan kejuruan terintegrasi di SMK pada Program Kealian Teknik Ketegalistrikan yang memiliki tingkat keterlaksanaan dan kepraktisan dalam kategori baik, sebagai layanan untuk meningkatkan kesiapan siswa memasuki dunia kerja; (2) Model bimbingan kejuruan terintegrasi yang dikembangkan menunjukkan tingkat validitas yang sangat baik dan reliabel, serta efektif dalam pelaksanaannya. (3) Respon siswa terhadap model bimbingan kejuruan terintegrasi yang dikembangkan tersebut sangat baik dan menurut mereka model tersebut efektif untuk meningkatkan kesiapan mereka memasuki dunia kerja.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kejuruan terintegrasi, model, sekolah menengah kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:23
Last Modified: 10 Jun 2022 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73369

Actions (login required)

View Item View Item