MANAJEMEN MUTU LULUSAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA YOGYAKARTA

Utami, Ike Prastya and Raharja, Setya (2022) MANAJEMEN MUTU LULUSAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ike prastya utami_18703251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan manajemen mutu lulusan, (2) hambatan dan tantangan sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan, serta (3) menemukan kebijakan dan strategi inovatif dalam manajemen mutu lulusan di SMP Negeri 8 Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah 3 Depok Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus di SMP Negeri 8 Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah 3 Depok, Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui metode observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Keabsahan data diperoleh melalui komfirmabilitas sampai menemukan jawaban atas penelitian yang diperlukan. Data dianalisis secara kualitatif dengan langkah-langkah kondensasi data, kemudian menampilkan data dan terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan manajemen mutu lulusan dilakukan dengan bertahap dan berkelanjutan. Manajemen mutu lulusan dilakukan dengan menggunakan fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu lulusan hasil yang dicapai sesuai dengan apa yang diharapkan. (2) Permasalahan yang terjadi dalam melaksanakan manajemen mutu lulusan didasari dengan kemampuan guru yang masih rendah. (3) Strategi yang dilakukan dalam meningkatkan kualitats lulusan dengan cara mengambil kebijakan yang tepat terkait dengan mutu lulusan. Melengkapi sarana dan prasarana sebagai penunjang kegiatan berlangsung. Selain itu, agar dapat menghasilkan mutu lulusan yang baik, sumber daya yang terlibat dalam pelaksanaan tersebut tetap diperhatikan agar mutunya tetap terjaga. Kemudian, evalusai dan monitoring dilakukan agar perkembangan kegiatan dapat dipantau dengan baik. (4) Manajemen mutu lulusan akan terlaksana dengan baik melalui penerapan fungsi-fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi/monitoring. Perencanaan meliputi kurikulum, sarana dan prasarana, dan metode pembelajaran. Pengorganisasian meliputi pemilihan sumber daya manusia yang tepat, dan pelaksanaan meliputi kebijakan kepala sekolah, kurikulum, dan strategi peningkatan mutu lulusan. Untuk menciptakan mutu lulusan yang baik tentunya penting dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan/ eavluasi). Pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen tersebut akan berjalan dengan baik apabila dilakukan pemilihan sumber daya yang tepat berdasarkan kualifikasi dan keahlian mereka masing-masing.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: quality management, graduate quality, school graduates
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:46
Last Modified: 18 Jul 2022 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73366

Actions (login required)

View Item View Item