Model Pengembangan Profesionalitas Guru K e j u r u a n SMK Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan.

Muksin, Muksin and Sukardi, Sukardi (2021) Model Pengembangan Profesionalitas Guru K e j u r u a n SMK Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-muksin-13702261006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan profesionalitas guru kejuruan SMK PKTK saat ini; (2) menghasilkan model pengembangan profesionalitas guru kejuruan SMK PKTK, (3) mengetahui tingkat kelayakan model pada validasi internal dan validasi eksternal. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development dari Richey dan Klein melalui empat tahap, yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) pengembangan model, (3) validasi internal model, dan (4) validasi eksternal model. Dalam studi pendahuluan digunakan metode survei melalui analisis kebutuhan. Analisis data studi pendahuluan yang digunakan adalah analisis deskriptif inferensial dengan pengujian hipotesis komparatif berpasangan (uji-t) dengan Paired Sample Test. Dalam pengembangan model dan validasi model digunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data pengembangan model menggunakan teknik analisis model interaktif, sedangkan validasi modelnya menggunakan analisis dekriptif dengan perhitungan hasil skor berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan implementasi kebijakan program PKB melalui pengembangan profesionalitas guru kejuruan SMK PKTK yang dilaksanakan saat ini; (2) model pengembangan profesionalitas guru kejuruan SMK PKTK terdiri dari komponen Tim Belajar Guru (TBG), Penilaian Kinerja Guru (PKG), Pembelajaran guru (PG), dan Portofolio Profesional Guru (PP); (3) hasil penilaian validasi model menunjukkan bahwa model layak digunakan dengan hasil rerata skor validasi internal sebesar 3,76 dan rerata skor validasi eksternal sebesar 3,66. Skor rerata dari dua kelompok responden mendapat skor 3,71 yang berarti model tersebut layak digunakan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru kejuruan, pengembangan profesional berkelanjutan, evaluasi kinerja guru, guru kejuruan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:08
Last Modified: 10 Jun 2022 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73365

Actions (login required)

View Item View Item