Model Pembelajaran “Pendidikan Matematika Realistik Indonesia” untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika, Kreativitas Belajar dan Sikap Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama.

Dhoruri, Atmini and Marsigit, Marsigit (2022) Model Pembelajaran “Pendidikan Matematika Realistik Indonesia” untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika, Kreativitas Belajar dan Sikap Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-atmini dhoruri-13703261033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk pengembangan berupa model pembelajaran PMRI dan perangkat pendukung pembelajaran PMRI yang terdiri dari silabus, RPP, dan buku siswa (2) Mengetahui adanya perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah matematika (KMMM), kreativitas belajar dan sikap matematis siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan PMRI, (3) Mengetahui adanya perbedaan pada KMMM, kreativitas belajar dan sikap matematis siswa yang menggunakan pembelajaran PMRI dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, (4) Mengetahui adanya peningkatan KMMM, kreativitas belajar dan sikap matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran PMRI. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development), menggunakan model pengembangan Nieveen, McKenney, & Van den Akker dengan 4 tahapan meliputi: (1) preliminary research ,(2) prototyping stage, (3) summative evaluation, dan (4) systematic reflection and documentation. Kualitas model pembelajaran meliputi kriteria valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non- ekuivalen. Subjek populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Baguntapan Bantul yang terdiri dari 217 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIG sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB SMP sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari satu set lembar validasi, satu set lembar penilaian kepraktisan, satu set lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dua set tes KMMM, dua set tes kreativitas belajar, angket kreativitas dan angket sikap matematis yang semuanya valid serta reliabel. Kebaikan dari angket kreativitas dan sikap matematis diuji dengan menggunakan Confirmatory Factorial Analysis. Analisis data dilakukan dengan menghitung total skor aktual dan persentase yang diperoleh dari tes dan angket. Analisis data juga dilakukan menggunakan Paired Sample Test, Independent Sample Test dan Uji N-Gain Score untuk data hasil tes KMMM, tes kreativitas belajar dan angket sikap matematis siswa. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran PMRI dan perangkat pendukung pembelajaran PMRI yang masing-masing memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Sedangkan tingkat keterlaksanaan pembelajaran termasuk pada kategori sangat baik. Hasil uji Paired Sample Test menunjukkan bahwa ada perbedaan pada KMMM, kreativitas belajar dan sikap matematis siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran PMRI. Hasil uji Independent Sample Test menunjukkan bahwa ada perbedaan pada KMMM, kreativitas belajar dan sikap matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PMRI dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil uji N-Gain Score untuk KMMM, kreativitas dan sikap matematis siswa menunjukkan bahwa terdapat peningkatan KMMM, kreativitas belajar dan sikap matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran PMRI.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model pembelajaran PMRI, KMMM, Kreativitas belajar, sikap matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:27
Last Modified: 10 Jun 2022 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73363

Actions (login required)

View Item View Item