PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH, DAN CYBERLOAFING TERHADAP TINGKAT PROKRASTINASI GURU DI PONDOK PESANTREN

PUTERA, AGUSTIAN RAMADANA and Sugito, Sugito (2022) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH, DAN CYBERLOAFING TERHADAP TINGKAT PROKRASTINASI GURU DI PONDOK PESANTREN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
agustian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan cyberloafing terhadap tingkat prokrastinasi guru di Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru dan Pondok Pesantren Darul Hijrah Cindai Alus Martapura. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Survei dilakukan pada 148 guru (tingkat respons 61,82%) untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1), iklim sekolah (X2), dan cyberloafing (X3) terhadap tingkat prokrastinasi guru (Y). Validasi instrumen menggunakan pengujian ahli dan uji empiris dengan korelasi Pearson Product Moment diperoleh hasil semua (75 item) dinyatakan valid. Uji reabilitas instrumen dilakukan dengan Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa semua variabel dinyatakan reliabel (α > 0,6). Uji asumsi klasik dilakukan dengan pengujian normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Regresi linier sederhana dilakukan sebagai analisis data untuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen (X1, X2, dan X3) terhadap variabel dependen (Y) dan regresi linier berganda dilakukan sebagai analisis data untuk menguji pengaruh variabel independen (X1, X2, dan X3) secara simultan terhadap variabel dependen (Y). Hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap tingkat prokrastinasi guru (t = 3,407, p = .001); (2) Tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara iklim sekolah terhadap tingkat prokrastinasi guru (t = -.642, p = .522); dan (3) Tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara cyberloafing terhadap tingkat prokrastinasi guru (t = -1,656, p = .100). Hasil regresi linier berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan cyberloafing terhadap tingkat prokrastinasi guru di pondok pesantren (F (3, 75) = 5,262, p < .002).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Principal Leadership Style, School Climate, Cyberloafing, Teacher Procrastination
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 Jun 2022 04:04
Last Modified: 18 Jul 2022 06:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73359

Actions (login required)

View Item View Item