Kajian Nilai-nilai Karakter Entrepreneurship Hadratussyekh K.H. M. Hasyim Asy’ari dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sejarah.

Setiawan, Johan and Sudrajat, Ajat (2022) Kajian Nilai-nilai Karakter Entrepreneurship Hadratussyekh K.H. M. Hasyim Asy’ari dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sejarah. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-johan setiawan-19703261041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) latar belakang kehidupan dan peranan Hadratussyekh K.H. M. Hasyim Asy’ari dalam sejarah Indonesia, (2) nilai-nilai karakter entrepreneurship yang terkandung dalam diri Hadratussyekh K.H. M. Hasyim Asy’ari, dan (3) nilai-nilai karakter entrepreneurship Hadratussyekh K.H. M. Hasyim Asy’ari di implementasikan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam proses pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan studi sejarah (heuristik, verifikasi, interpretasi, historiografi) dan analisis konten (menyiapkan data, menentukan unit, melakukan pencatatan, inferensi, menyajikan data). Penelitian ini menggunakan sumber dokumen yang terdiri dari sumber- sumber primer dan sekunder, serta menggunakan wawancara sebagai penguat. Wawancara dilakukan terhadap beberapa tokoh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, guru sejarah, dan siswa MA Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng, Jombang. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Hadratussyekh K.H. M. Hasyim Asy’ari lahir dan tumbuh dalam lingkungan yang memiliki religiusitas yang tinggi, sehingga menjadikannya sosok yang memiliki budi pekerti dan akhlak yang baik. Beliau berperan dalam sejarah Indonesia dalam bidang dakwah, politik, pendidikan, sosial, dan ekonomi, (2) nilai-nilai karakter entrepreneurship Hadratussyekh K.H. M. Hasyim Asy’ari yang dapat diteladani terdiri dari nilai karakter mandiri, kreatif, berani mengambil resiko, berorientasi tindakan, kepemimpinan, kerja keras, kejujuran, kerja sama, dan komunikatif. Semua nilai karakter tersebut termanifestasikan dalam kehidupan Hadratussyekh K.H. M. Hasyim Asy’ari, dan (3) nilai-nilai karakter entrepreneurship Hadratussyekh K.H. M. Hasyim Asy’ari diimplementasikan dalam proses pembelajaran sejarah Indonesia melalui rencana pelaksanaan pembelajaran kelas XI, meliputi: (a) tahapan perencanaan, yang diintegrasikan ke dalam Kompetensi Dasar 3.6 tentang menganalisis peran tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, (b) tahapan pelaksanaan, guru menggunakan media dan model discover/cooperative learning agar siswa aktif dalam menggali makna yang terkandung dalam materi pembelajaran, dan (c) tahapan evaluasi, yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Implementasi nilai-nilai karakter entrepreneurship Hadratussyekh K.H. M. Hasyim Asy’ari diwujudkan dengan harapan dapat menginspirasi guru sejarah bahwa dalam mengajar sejarah, guru tidak hanya menyajikan rentetan fakta dan peristiwa, tetapi juga membangun pemahaman dan kesadaran siswa tentang makna dibalik peristiwa, termasuk nilai yang terkandung di dalamnya.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: entrepreneurship, karakter, Hadratussyekh K.H. M. Hasyim Asy’ari, pembelajaran sejarah
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:42
Last Modified: 10 Jun 2022 03:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73354

Actions (login required)

View Item View Item