PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN KUALITAS INFORMASI TENTANG COVID-19 TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH ALIYAH PADA MASA PANDEMI

Aziz, Abdul and Andriani, Lusila (2022) PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN KUALITAS INFORMASI TENTANG COVID-19 TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH ALIYAH PADA MASA PANDEMI. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
abdul aziz.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh keterlibatan orang tua terhadap pengambilan keputusan kepala Madrasah Aliyah (MA) pada masa pandemi COVID-19, (2) pengaruh kualitas informasi tentang COVID-19 terhadap pengambilan keputusan kepala MA pada masa pandemi, dan (3) pengaruh keterlibatan orang tua dan kualitas informasi tentang COVID-19 secara bersamaan terhadap pengambilan keputusan kepala MA pada masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di seluruh MA di Provinsi DIY. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling total atau sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis dilakukan dengan bantuan SPSS 26.0. Kuesioner valid karena berdasarkan uji validitas instrumen diperoleh r hitung seluruh item > r tabel sebesar 0,275. Kuesioner juga reliabel karena hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa dari ketiga variabel, nilai alfa > 0,60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari keterlibatan orang tua terhadap pengambilan keputusan kepala sekolah yang dibuktikan dengan nilai signifikansi t = 0,013 < 0,05. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kualitas informasi tentang COVID-19 terhadap pengabilan keputusan kepala sekolah dibuktikan dengan nilai signifikansi t = 0,000 < 0,05. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan dari keterlibatan orang tua dan kualitas informasi tentang COVID-19 secara bersamaan terhadap pengabilan keputusan kepala sekolah dibuktikan dengan nilai signifikansi F = 0,000 < 0,05. Sumbangan efektif dan relatif dari keterlibatan orang tua sebesar 2,5% dan 3,9%, sedangkan kualitas informasi tentang COVID- 19 sebesar 62,6% dan 96,1%, dari selisih yang jauh tersebut maka kualitas informasi jauh lebih diutamakan untuk meningkatkan pengambilan keputusan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: decision making, parental involvement, and quality of information
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:46
Last Modified: 18 Jul 2022 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73351

Actions (login required)

View Item View Item