Pengembangan Program Latihan untuk Meningkatkan Komponen Biomotor Sebagai Penunjang Gerakan Teng Kong Bai Lian pada Atlet Wushu Taolu

Lituhayu, Kamilia (2022) Pengembangan Program Latihan untuk Meningkatkan Komponen Biomotor Sebagai Penunjang Gerakan Teng Kong Bai Lian pada Atlet Wushu Taolu. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_kamilia lituhayu_20711251032.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan program latihan yang tepat untuk meningkatkan komponen biomotor yang menunjang gerakan Teng Kong Bai Lian, (2) Mengetahui kelayakan program latihan yang tepat untuk meningkatkan komponen biomotor yang menunjang gerakan Teng Kong Bai Lian pada atlet Wushu Taolu, (3) Mengetahui tingkat efektivitas program latihan yang tepat untuk meningkatkan komponen biomotor kekuatan otot tungkai, kekuatan otot batang tubuh (core strength), daya ledak otot tungkai, kecepatan dan kelincahan tungkai, serta keseimbangan yang mendukung gerakan Teng Kong Bai Lian pada atlet Wushu Taolu. Produk akhir dari penelitian ini adalah program latihan fisik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development. Uji coba skala kecil pada penelitian ini menggunakan 5 orang atlet dan uji coba skala besar menggunakan 8 orang atlet di Wushu Pengkab Klungkung Bali. Subjek melakukan program dan mengisi angket, hasil analisis menggunakan Aiken’s V, sedangkan untuk uji efektivitas dilakukan pada atlet Wushu Sinduadi dengan jumlah 13 orang atlet, hasil analisis data uji efektivitas menggunakan uji t berpasangan atau paired sample t-test dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program latihan layak untuk diaplikasikan, berdasarkan hasil validasi ahli, validitas aspek kesesuaian memiliki nilai 0.8 (sedang), aspek kesesuaian dengan komponen biomotor 0.87 (tinggi), aspek daya tarik (seberapa menarik program) memiliki nilai 0.72 (sedang), aspek keamaan memiliki nilai 0.87 (tinggi) dan aspek kemudahan dengan nilai 0.88 (tinggi), rata-rata dari beberapa aspek tersebut validitas program latihan. Berdasarkan hasil uji efektivitas, program latihan fisik untuk meningkatkan keseimbangan perlu ditingkatkan volume dan intensitanya karena hasil uji efektivitas komponen biomotor keseimbangan perubahannya tidak signifikan dengan P value 0.84, sedangkan komponen biomotor kekuatan otot tungkai, otot batang tubuh, kecepatan dan kelincahan tungkai, daya ledak otot tungkai memiliki P value sebesar 0.000 menunjukkan perubahan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa program latihan efektif untuk meningkatkan komponen biomotor kekuatan otot tungkai, kekuatan otot batang tubuh (core strength), daya ledak otot tungkai, kecepatan dan kelincahan kaki, namun belum efektif untuk menigkatkan keseimbangan, sehingga program perlu dikembangkan untuk meningkatkan seluruh komponen biomotor yang dibutuhkan dan untuk perencanaan program latihan jangka panjang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.
Uncontrolled Keywords: program latihan, efektif
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:41
Last Modified: 10 Jun 2022 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73346

Actions (login required)

View Item View Item