Pengembangan Remote Laboratory untuk Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Kolaboratif.

Ishafit, Ishafit and Mundilarto, Mundilarto (2021) Pengembangan Remote Laboratory untuk Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Kolaboratif. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-ishafit-13703261029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) mendesain dan mengembangkan sistem remote laboratory yang terdiri dari perangkat akuisisi data dan e-learning dalam topik listrik magnet, optika, dan fisika modern untuk pembelajaran eksperimen fisika secara online berbasis inkuiri kolaboratif, 2) menguji kualitas sistem remote laboratory ini untuk pembelajaran eksperimen fisika secara online berbasis inkuiri kolaboratif, 3) menguji keterterapan sistem remote laboratory ini pada pembelajaran eksperimen fisika berorientasi proses sains secara online berbasis inkuiri kolaboratif, dan 4) menguji keefektifan sistem remote laboratory ini pada pembelajaran eksperimen fisika secara online berbasis inkuiri kolaboratif dalam keterampilan proses sains dan pengetahuan fisika. Penelitian ini dilaksanakan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis dilakukan dengan studi literatur pada naskah kurikulum dan rekomendasi asosiasi bidang pendidikan fisika tentang pembelajaran di laboratorium. Desain produk dilakukan dengan mengadopsi arsitektur dasar sistem remote laboratory yang telah dikembangkan di bidang sains. Pengembangan produk dilakukan untuk menghasilkan perangkat laboratorium berupa aparatus dan antar muka grafis pengguna dengan LabVIEW, dan modul e-learning dengan Moodle. Validasi produk dilakukan oleh ahli bidang studi, e-learning, multime- dia, dan desain instruksional dengan Rubric for e-Learning Tool Evaluation. Implemen- tasi dan evaluasi dilakukan sebagai uji coba produk awal dan uji lapangan produk akhir. Uji coba produk awal pada kuliah Eksperimen Fisika 1 dengan 33 mahasiswa Uji lapangan produk akhir pada kuliah Eksperimen Fisika 2 dengan 98 mahasiswa program studi pendidikan fisika. Uji coba dan uji lapangan dilakukan untuk menguji keterterapan dan tanggapan subjek uji coba terhadap penggunaan produk, dengan menggunakan kuesioner USE (Usefulness, Satisfaction, and Ease to Use). Uji dampak pembelajaran di aspek keterampilan proses sains dan pengetahuan fisika. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif menggunakan nilai rata-rata dan simpangan baku ideal, persentase skor terhadap skor maksimum. Dampak pembelajaran berupa pengetahuan dianalisis dengan uji gain nilai rata-rata tes Pasca-Lab terhadap tes Pra-Lab. Simpulan dari penelitian ini adalah: 1) desain dan produk sistem remote laboratory yang terdiri dari perangkat akuisisi data dan e-learning dalam topik listrik magnet, optika, dan fisika modern untuk pembelajaran eksperimen fisika secara online berbasis inkuiri kolaboratif telah dihasilkan, 2) kualitas sistem remote laboratory ini untuk pembelajaran eksperimen fisika secara online berbasis inkuiri kolaboratif berada dalam kategori sangat baik, 3) keterterapan sistem remote laboratory ini pada pembelajaran eksperimen fisika secara online berbasis inkuiri kolaboratif dalam kategori sangat baik berdasarkan kriteria langkah proses sains dan persepsi mahasiswa, 4) keefektifan sistem remote laboratory ini pada pembelajaran eksperimen fisika secara online berbasis inkuiri kolaboratif dalam kategori baik pada pengembangan keterampilan proses sains dan kategori masih rendah dalam pengembangan penguasaan pengetahuan fisika mahasiswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, remote laboratory, inkuiri kolaboratif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2022 02:14
Last Modified: 10 Jun 2022 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73342

Actions (login required)

View Item View Item