Pengembangan Model Creative Physics Problem Solving Berbasis Local Culture Yaaqowiyu (Cripics-Qu) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah.

Widyaningtyas, Febrina Siska and Mundilarto, Mundilarto (2022) Pengembangan Model Creative Physics Problem Solving Berbasis Local Culture Yaaqowiyu (Cripics-Qu) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-febrina siska widyaningtyas-17703261037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) model Cripics-Qu dengan karakteristik model yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah fisika siswa SMA pada materi usaha dan energi, (2) model Cripics-Qu yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah fisika siswa SMA pada materi usaha dan energi, dan (3) model Cripics-Qu yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah fisika siswa SMA pada materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menerapkan model ADDIE. Subjek ujicoba dalam penelitian ini yakni siswa SMA negeri kelas X di Kabupaten Klaten. Data kelayakan model Cripics-Qu dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi dan instrumen soal kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah melalui uji empiris. Hasil validasi dianalisis menggunakan rerata kategori sedangkan data hasil uji empiris dianalisis secara IRT menggunakan program QUEST. Data ujicoba terbatas dan ujicoba luas dikumpulkan dengan instrumen soal tes kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah. Data ujicoba terbatas dan ujicoba luas dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial multivariate. Temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model Cripics-Qu yang dihasilkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah fisika siswa SMA pada materi usaha dan energi dengan karakteristik sintaks model pembelajaran meliputi: orientasi, kolaborasi, eksplorasi permasalahan nyata, eksperimen, komunikasi, dan refleksi. (2) Model Cripics-Qu yang dihasilkan layak digunakan menurut penilaian ahli dan praktisi dengan kategori sangat layak. (3) Model Cripics-Qu yang dihasilkan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah fisika siswa SMA pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: creative physics problem solving, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan pemecahan masalah, Yaaqowiyu
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2022 02:04
Last Modified: 10 Jun 2022 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73341

Actions (login required)

View Item View Item