Pengembangan Model B-PAS untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Agama Islam di Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.

Setiyawan, Adhi and Dardiri, Achmad (2021) Pengembangan Model B-PAS untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Agama Islam di Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-adhi setiyawan-17703261013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki cakupan materi yang luas dengan waktu yang terbatas. Pembelajaran PAI konvensional masih memisahkan pembelajaran tatap muka di kelas (onsite) dan e-learning (online). Pembelajaran blended learning merupakan pembelajaran dengan menggabungkan keunggulan onsite dan online. Penelitian ini bertujuan (1) mengembangkan model blended learning pembelajaran PAI melalui perkuliahan pembelajaran PAI di Sekolah yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, (2) mengetahui efektifitas model melalui perkuliahan pembelajaran PAI di Sekolah, (3) mengetahui pelaksanaan model melalui perkuliahan pembelajaran PAI di Sekolah. Pengembangan model desain pembelajaran ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model desain ASSURE dan Plomp tiga tahap. Penilaian kualitas Model B-PAS mengikuti standar Nieveen memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Pengumpulan data melibatkan ahli instrumen dan evaluasi, ahli materi, ahli e-learning, ahli multimedia pembelajaran, ahli teknologi informasi, mahasiswa, dan dosen. Uji coba melibatkan tiga universitas di Yogyakarta. Prosedur pengembangan melalui tahapan (1) studi pendahuluan, yang meliputi analisis karakteristik mahasiswa dan penetapan tujuan pembelajaran; (2) pengembangan prototype, yang meliputi tahap pemilihan strategi, teknologi, media, dan bahan pembelajaran; (3) ujicoba produk, yang meliputi penggunaan strategi, teknologi, media, bahan pembelajaran, pengaktifan keterlibatan mahasiswa, dan evaluasi revisi. Model B-PAS menurut para ahli diperoleh nilai rata-rata berkategori sangat baik, dan menurut penilaian dosen diperoleh nilai rata-rata berkategori sangat baik, Penilaian perangkat pembelajaran dari dosen berkategori sangat baik, Hasil ujicoba di kelas penerapan model B-PAS terbukti mampu meningkatkan hasil belajar mencapai 86 % lulus dan memiliki respon mahasiswa sebanyak 36% memberi respon baik, dan 64% sangat baik. Penilaian program B-PAS para ahli diperoleh nilai rata-rata berkategori sangat baik, dan dinilai dosen rata-rata kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran blended learning, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Jun 2022 01:35
Last Modified: 10 Jun 2022 01:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73336

Actions (login required)

View Item View Item