Pengembangan Layanan Siswa untuk Mencegah Anak Putus Sekolah di Daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal.

Putra, Gunadi Adi and Wangid, Muhammad Nur (2021) Pengembangan Layanan Siswa untuk Mencegah Anak Putus Sekolah di Daerah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-gunadi adi putra-14703261026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pedoman layanan siswa sekolah yang layak, praktis dan efektif untuk mencegah anak putus sekolah dasar di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal di Kabupaten Mamasa. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, yang menekankan proses yang digunakan untuk mengembangkan pedoman layanan siswa untuk daerah terdepan, terpencil dan tertinggal di Kabupaten Mamasa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah sekolah dasar di wilayah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T) Kabupaten Mamasa. Sekolah dasar yang termasuk pada wilayah 3T sebanyak tujuh sekolah yaitu: SDN 001 Mambi, SDN 015 Bujung Manurung, SDN 006 Rantebulahan, SDN 014 Saluang, SDN 008 Loka, SDN 016 Salubua, dan SDN 017 Kampung Baru. Sumber data meliputi guru yang mengajar di daerah (3T) di Kabupaten Mamasa, peserta didik, serta masyarakat yang ada di daerah (3T) di Kabupaten Mamasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data deskriptifkualitatif. Hasil penelitian ini adalah Pedoman Regular Attendance Officer (RAO) yang merupakan bentuk layanan pencegahan anak putus sekolah di wilayah 3T, yang terdiri dari empat komponen tugas utama yaitu pedoman identifikasi keberadaan siswa di sekolah dan identifikasi siswa beresiko putus sekolah, pedoman laporan perkembangan siswa di sekolah, pedoman tindakan preventif, dan pedoman tindakan kuratif. Ke-empat produk tersebut telah memenuhi aspek kelayakan berdasarkan penilaian ahli dengan rentang hasil penilaian antara 4,2 hingga 4,7 atau berada pada kategori layak. Keefektivan pedoman tersebut terbukti dari peningkatan partisipasi kehadiran siswa (lebih dari 80%), sedangkan kepraktisannya ditunjukkan oleh mudahnya pedoman tersebut dipahami dan diterapkan guru di sekolah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pedoman layanan siswa, RAO, SD Wilayah 3T
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:32
Last Modified: 09 Jun 2022 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73326

Actions (login required)

View Item View Item