Hubungan Pembelajaran PJOK dengan Perkembangan Sosial Siswa Kelas VIII di SMP N 3 Banguntapan

Anshory, Raihanata Syifa (2022) Hubungan Pembelajaran PJOK dengan Perkembangan Sosial Siswa Kelas VIII di SMP N 3 Banguntapan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_raihanata syifa anshory_18601241058.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang dan siginifikan antara pembelajaran Pendidikan Jasmaini Kesehatan dan Olahraga dengan perkembangan sosial siswa kelas VIII di SMP N 3. Penelitian ini menggunakan jeinis penelitian korelasional. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif . Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Banguntapan dengan Populasi yang diteliti merupakan siswa kelas VIII. Kelas VIII dipilih karena berada di fase remaja yang sedang menggebu-gebu untuk mencari jati dirinya. Remaja menengah juga cenderung menghabsikan waktu Bersama teman sebayanya ketimbang dengan keluaraga. Populasi penelitian sebanyak 179 siswa dengan jumlah sampel 104 siswa menggunakan tekinik probability random sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket/ kuesioner. Tekinik analisis data yang digunakan yaitu pearson correlation product moment. Pembelajaran PJOK memiliki hubungan yang positif dengan perkembangan sosial siswa kelas VIII di SMP N 3 Banguntapan dengan inilai korelasi siginifikansi < 0,05 yaitu 0,00. Untuk tingkat derajat hubungan koefisen antara pembelajaran PJOK dengan Perkembangan sosial mendapatkan inilai pearson correlation sebesar 0,781 yang berarti memiliki korelasi dengan derajat hubungan yang kuat. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif dan siginifikan antara variabel Pembelajaran PJOK dengan variabel perkembangan sosial siswa kelas 8 di SMP N 3 Banguntapan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Dimyati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PJOK, perkembangan sosial, SMP N 3 Banguntapan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:19
Last Modified: 09 Jun 2022 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73324

Actions (login required)

View Item View Item