Pengembangan Model Pembelajaran Teaching Factory Berbasis Green Campus.

Saputro, Ida Nugroho and Sofyan, Herminarto (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Teaching Factory Berbasis Green Campus. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-ida nugroho saputro-17702261002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah : (1) Mendekripsikan model pembelajaran praktik yang digunakan di workshop kayu PTB saat ini; (2) Menghasilkan model pembelajaran teaching factory berbasis green campus untuk workshop kayu; (3) Menghasilkan model pembelajaran teaching factory berbasis green campus yang layak untuk workshop kayu; (4) Menghasilkan model pembelajaran teaching factory berbasis green campus yang baik untuk workshop kayu. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model 4D oleh Thiagarajan. Adapun 4 langkah yang dilalui yaitu : (1) define meliputi studi kajian literatur dan melakukan observasi lapangan di workshop kayu ; (2) design meliputi perancangan model pembelajaran yang didasarkan dari latar belakang masalah, kajian literatur, model existing saat ini, kerangka pikir penelitian, dan model konseptual ; (3) development meliputi model pengembangan yang melalui forum group discussion (FGD) dilakukan revisi model dan dilakukan pengujian dilapangan ; (4) dissemination meliputi penyebarluasan model pembelajaran teaching factory berbasis green campus kepada pihak-pihak terkait. Penelitian dilakukan penilaian oleh para pakar dari kalangan akademisi dan pelaku DUDIKA serta melakukan uji lapangan di workshop kayu. Penelitian menghasilkan : (1) model pembelajaran praktik di workshop kayu saat ini berbasis standar kompetensi ; (2) dihasilkan model pembelajaran teaching factory berbasis green campus (TeFa BGC) dikenal dengan langkah – langkah 5M yaitu Menganalisis kebutuhan stake holder, Merancang produk, Mengevaluasi Produk, Memproduksi, dan Mengelola limbah ; (3) model pembelajaran TeFa BGC yang dikembangkan sangat layak yang dinilai oleh para pakar dengan rerata 3,81 (nilai maksimal 4); (4) model pembelajaran TeFa BGC yang dikembangkan dalam kategori baik digunakan untuk workshop kayu dengan rerata 3,52 (nilai maksimal 4). Penilaian dilakukan pada perangkat pembelajaran meliputi Rencana Pembelajaran Semester dan jobsheet kayu dengan hasil rerata diatas 3,00. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran TeFa BGC serta perangkat pembelajaran yang layak dan baik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model TeFa BGC, teaching factory, green campus, workshop
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:21
Last Modified: 09 Jun 2022 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73323

Actions (login required)

View Item View Item