Pengembangan Model Pelatihan Keterampilan Berpikir Industri 4.0 pada Pembelajaran Praktik Berbantuan Industrial Robot Training Kit di Sekolah Menengah Kejuruan.

Pramono, Herlambang Sigit and Soenarto, Soenarto (2022) Pengembangan Model Pelatihan Keterampilan Berpikir Industri 4.0 pada Pembelajaran Praktik Berbantuan Industrial Robot Training Kit di Sekolah Menengah Kejuruan. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-herlambang sigit pramono-17702264008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) model pelatihan keterampilan berpikir industri 4.0 pada pembelajaran di SMK Kompetensi Keahlihan Teknik Mekatronika; (2) perangkat model industrial robot training kit; (3) Perangkat model modul pembelajaran; (4) model pelatihan keterampilan berpikir industri 4.0 yang layak; (5) perangkat industrial robot training kit yang layak; (6) perangkat modul pembelajaran yang layak dan (7) model dan perangkat model pelatihan keterampilan berpikir industri 4.0 yang baik berdasarkan respon/tanggapan dari calon pengguna (Guru dan Siswa) untuk siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Mekatronika. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE dari Robert Maribe Branch, dengan tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis dan perancangan dilakukan evaluasi terhadap hasil analisis dan hasil perancangan oleh ahli dari industri dan guru. Pada tahap pengembangan dilakukan evaluasi hasil pengembangan oleh 3 ahli materi, 3 ahli media dan 4 guru SMK melalui focus group discussion. Implementasi dilakukan dengan ujicoba produk dan meminta tanggapan dari guru dan siswa sebagai calon pengguna. Pengumpulan data melalui observasi, survei, dan wawancara, dengan instrumen lembar observasi, angket, dan panduan wawancara. Validasi instrumen melalui expert judgement. Reliabilitas angket siswa dengan menggunakan rumus Alfa dari Cronbach. Reliabilitas lembar observasi dan panduan wawancara menggunakan koefisien kesepakatan dari Scott. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data hasil penelitian. Hasil penelitian adalah: (1) Menghasilkan produk model pelatihan keterampilan berpikir industri 4.0; (2) menghasilkan produk industrial robot training kit; (3) menghasilkan produk modul pembelajaran; (4) Kelayakan model pelatihan yang dihasilkan adalah 98,41% menurut ahli dan 95,54% menurut guru, yang semuanya termasuk kategori sangat layak. (5) Kelayakan industrial robot training kit adalah 94,37% menurut ahli media; 88,89% menurut ahli materi; dan 90,83% menurut guru, yang semuanya termasuk kategori sangat layak. (6) Kelayakan modul pembelajaran adalah 94,52% menurut ahli media; 88,38% menurut ahli materi; dan 97,16% menurut guru, yang semuanya termasuk kategori sangat layak. (7) Respon pengguna terhadap model pelatihan adalah 95,98% menurut guru, yang termasuk kategori sangat baik. Respon terhadap industrial robot training kit adalah 92,19% menurut guru, dan 88,27% menurut siswa, yang semuanya termasuk kategori sangat baik. Respon terhadap modul pembelajaran yang dihasilkan adalah 93,95% menurut guru dan 84,10% menurut siswa, yang semuanya termasuk kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pelatihan keterampilan berpikir industrial robot training kit,SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:48
Last Modified: 09 Jun 2022 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73320

Actions (login required)

View Item View Item