Model Pembelajaran Pengembangan Keterampilan Kunci Abad 21 di Sekolah Menengah Kejuruan.

Fuaddunnazmi, M and Sudira, Putu (2022) Model Pembelajaran Pengembangan Keterampilan Kunci Abad 21 di Sekolah Menengah Kejuruan. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-m. fuaddunnazmi-17702261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Transformasi revolusi industri 4.0 memberikan sinyal kepada dunia pendidikan khususnya sekolah kejuruan untuk dapat mengadaptasikan pola pembelajaran yang diterapkan di sekolah agar sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran keterampilan kunci bagi siswa di Sekolah Menengah Kejuruan agar dapat berkompetisi di dunia kerja abad 21. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan pendidikan menggunakan 10 langkah proses Borg and Gall yaitu: (1) studi pendahuluan mulai dari pengumpulan informasi awal yang diperlukan hingga analisis kebutuhan, (2) studi literatur dan perencanaan, (3) mengembangkan model konseptual dan hipotetik, (4) uji validitas model kepada dosen pakar, (5) revisi model, (6) ujicoba model lanjutan melalui FGD, (7) revisi model lanjutan, (8) ujicoba model di SMK, (9) revisi model akhir, dan (10) publikasi ilmiah sebagai pengganti desiminasi hasil penelitian. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa model pembelajaran, penunjang model pembelajaran berupa buku model dan buku pedoman instruksional, dan instrumen penelitian untuk mengukur validitas, kepraktisan, serta efektivitas model yang dikembangkan dan perangkat penunjang yang digunakan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode validasi, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Penentuan tingkat kelayakan model pembelajaran didasarkan pada hasil uji validasi oleh dosen pakar mencakup validitas isi, validitas konstruk, validitas perangkat penunjang, dan validitas instrumen pendukung. Penentuan tingkat kepraktisan model didasarkan pada hasil observasi keterlaksanaan RPP dan partisipasi siswa di dalam kelas. Adapun penentuan tingkat efektivitas ditinjau dari capaian hasil belajar keterampilan kunci dan respon siswa di SMK terhadap pembelajaran menggunakan model yang dikembangkan. Berdasarkan data lapangan yang telah dianalisis diperoleh hasil bahwa model pembelajaran pengembangan keterampilan kunci abad 21 di SMK layak, praktis dan efektif untuk digunakan. Hasil temuan lainnya yaitu bahwa hal yang paling mudah untuk dikembangkan untuk siswa SMK adalah keterampilan untuk menggunakan teknologi digital (Low Order Thinking) sementara yang paling sulit adalah keterampilan berkomunikasi yang efektif. Adapun keterampilan complex problem solving (High Order Thinking) dapat dikembangkan dengan baik selama diiringi dengan membangun keterampilan kunci kerja tim yang baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Revolusi Industri 4.0., Model Pembelajaran, Keterampilan Kunci.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:23
Last Modified: 09 Jun 2022 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73317

Actions (login required)

View Item View Item