Pengembangan Perangkat Pembelajaran Energi Terbarukan di Perguruan Tinggi.

Wijayanto, Danar Susilo and Triyono, Mochamad Bruri Triyono (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Energi Terbarukan di Perguruan Tinggi. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-danar susilo wijayanto-17702261001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis energi terbarukan yang efektif, efisien, dan praktis digunakan oleh dosen pengampu mata kuliah Perpindahan Panas dan Termodinamika pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui praktik. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahap-tahap pengembangan, meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, revisi produk utama, uji coba lapangan, revisi produk akhir, dan diseminasi serta implementasi produk. Validasi produk dilakukan oleh ahli perangkat pembelajaran, ahli bidang studi perpindahan panas dan termodinamika, dan ahli desain instruksional. Focus group discussion (FGD) digunakan untuk memperoleh konsensus para ahli terhadap validitas model hipotetik yang dikembangkan. Berdasarkan hasil FGD, uji kelayakan dilakukan kepada dosen pengampu mata kuliah Perpindahan Panas dan Termodinamika melalui instrumen. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah perangkat pembelajaran termodinamika berupa training kits sebagai alat praktik miniatur dan panduan praktik sumber energi terbarukan, meliputi turbin angin, turbin air, panel surya dengan menggunakan solar tracker dual axis otomatis berbasis arduino, dan biomassa berupa biopellet yang berbahan baku campuran ampas kopi dan limbah aren. Selain itu juga dihasilkan perangkat pembelajaran perpindahan panas berupa training kits sebagai alat praktik miniatur heat exchanger dan panduan praktik, yang terdiri dari penukar kalor pipa ganda (double pipe heat exchanger), penukar kalor aliran silang (cross flow heat exchanger), penukar kalor selongsong dan tabung (shell and tube heat exchanger), dan penukar kalor bersirip (compact heat exchanger). Produk juga memperoleh persepsi yang positif dari subjek terkait dengan aspek instruksional dan aspek tampilan produk. Penelitian ini telah menghasilkan perangkat pembelajaran praktik energi terbarukan pada mata kuliah Perpindahan Panas dan Termodinamika yang layak diimplementasikan untuk mendukung kegiatan perkuliahan Perpindahan Panas dan Termodinamika yang efektif, efisien, dan praktis pada Program Studi Pendidikan Teknik Mesin.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: energi terbarukan, perangkat pembelajaran, pembelajaran praktik, perpindahan panas dan termodinamika, training kits
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Jun 2022 06:17
Last Modified: 09 Jun 2022 06:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73316

Actions (login required)

View Item View Item