Evaluasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMK Negeri se-Kabupaten Purbalingga di Masa Pandemi Covid-19

Darmawan, Destian Dwi (2022) Evaluasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMK Negeri se-Kabupaten Purbalingga di Masa Pandemi Covid-19. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_destian dwi darmawan_19711251099.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi manajemen pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMK Negeri se-Kabupaten Purbalingga di Masa Pandemi Covid-19 berdasarkan Context, Input, Process, dan Product. Model evaluasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PJOK, dan peserta didik di SMK Negeri se-Kabupaten Purbalingga. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan rincian kepala sekolah 12 orang, guru PJOK 12 orang, dan peserta didik 120 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu análisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi manajemen pembelajaran PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Purbalingga di Masa Pandemi Covid-19 sebesar 2,43 masuk kategori kurang. Berdasarkan masing-masing komponen evaluasi, diperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Context evaluasi manajemen pembelajaran PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Purbalingga di Masa Pandemi Covid-19 sebesar 2,57 masuk kategori baik. Indikator filsafat pembelajaran Penjas sebesar 2,48 pada kategori kurang dan tujuan pembelajaran Penjas sebesar 2,65 pada kategori baik. (2) Input evaluasi manajemen pembelajaran PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Purbalingga di Masa Pandemi Covid-19 sebesar 2,42 masuk kategori kurang. Indikator profil guru sebesar 2,47 pada kategori kurang, profil peserta didik sebesar 2,49 pada kategori kurang, dan sarana dan prasarana pembelajaran sebesar 2,49 pada kurang. (3) Process evaluasi manajemen pembelajaran PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Purbalingga di Masa Pandemi Covid-19 sebesar 2,36 masuk kategori kurang. Indikator RPP sebesar 2,53 pada kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran daring sebesar 2,18 pada kategori kurang. (4) Product evaluasi manajemen pembelajaran PJOK di SMK Negeri se-Kabupaten Purbalingga di Masa Pandemi Covid-19 sebesar 2,37 masuk kategori kurang. Indikator evaluasi proses pembelajaran sebesar 2,27 pada kategori kurang dan evaluasi hasil pembelajaran sebesar 2,46 pada kategori kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sigit Nugroho, M.Or.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pembelajaran PJOK, pandemi Covid-19
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:43
Last Modified: 08 Jun 2022 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73295

Actions (login required)

View Item View Item