Evaluasi Program Indonesia Pintar pada Jenjang Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta.

Nidyawati, Dian Eka and Suranto, Suranto (2022) Evaluasi Program Indonesia Pintar pada Jenjang Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-dian eka nidyawati-18701251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemerintah mengupayakan berbagai macam bantuan dana pendidikan untuk masyarakat sebagai upaya menekan angka putus sekolah, salah satunya yaitu Program Indonesia Pintar (PIP). Penyaluran dana bantuan PIP di Yogyakarta baru mencapai 60% karena adanya beberapa kendala. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan, pelaksanaan dan hasil PIP di sekolah menengah atas negeri (SMAN) di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi progam dengan model evaluasi countenance stake. Penelitian dilaksanakan pada satuan pendidikan jenjang SMAN di Kota Yogyakarta pada bulan Januari 2021 sampai dengan Desember 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di 11 SMA Negeri Kota Yogyakarta penerima dana PIP sebanyak 476 peserta didik. Sampel sejumlah 228 peserta didik ditentukan menggunakan teknik quota sampling dengan rumus Slovin. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner serta melalui wawancara dan dokumentasi. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi pada instrumen kuesioner yang dibuktikan dengan menggunakan formula Aiken’s V dengan tiga rater dan p 0,05 adalah 0,93 dan untuk instrumen wawancara adalah 0,93. Validitas konstruk menggunakan EFA. Dengan menggunakan SPSS versi 16.0 estimasi reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach, diperoleh angka 0,933. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Stake. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Kesiapan PIP dalam kategori sangat baik. (2) Proses PIP dalam kategori sangat baik. Pengelola PIP sudah melaksanakan proses setiap tahap dengan sangat baik. Namun dalam pencairan dana PIP dari pemerintah, waktu pencairan tidak menentu. (3) Hasil PIP terdiri dari 3 dimensi, yaitu: a) penggunaan dana PIP, dengan kategori baik; b) kewajiban peserta didik penerima dana PIP, dengan kategori sangat baik; c) perubahan penerima dana PIP, dengan kategori sangat baik. Pemerintah diharapkan untuk memberikan dana PIP dengan tepat waktu dan konsisten serta mewajibkan adanya laporan penggunaan dana PIP untuk mengetahui secara pasti penggunaan dana PIP untuk memenuhi kebutuhan sekolah para peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, dana pendidikan, Program Indonesia Pintar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:26
Last Modified: 08 Jun 2022 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73283

Actions (login required)

View Item View Item