Pembelajaran Lompat Tali Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangkajen 1 Yogyakarta

Danela, Rendra Ega (2022) Pembelajaran Lompat Tali Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Straddle Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah Karangkajen 1 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_rendra ega danela_18604224010.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle melalui pembelajaran lompat tali pada peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Karangkajen 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan instrumen tes dan non tes untuk mengetaghui hasil belajar peserta didik. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Karangkajen 1 yang berjumlah 26 anak. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus presentase. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan hasil pada siklus I diketahui ketuntasan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle melalui pembelajaran lompat tali sebesar 26,92% sedangkan pada siklus II mencapai 92,31%. Rata-rata hasil belajar secara klasikal pada siklus I diperoleh hasil 70,54 dan pada siklus II sebesar 80,20. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle melalui pembelajaran lompat tali pada peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Karangkajen 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Drs. Sriawan, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, lompat tinggi, gaya straddle, lompat tali
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:52
Last Modified: 06 Jun 2022 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73271

Actions (login required)

View Item View Item