Pengaruh Latihan Menggunakan Resistance Band terhadap Power Tungkai dan Ketepatan Smash Atlet Bulu Tangkis PB Natura Prambanan

Ryandika, Galang (2022) Pengaruh Latihan Menggunakan Resistance Band terhadap Power Tungkai dan Ketepatan Smash Atlet Bulu Tangkis PB Natura Prambanan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_galang ryandika_18602244015.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh latihan menggunakan resistance band terhadap power tungkai atlet bulu tangkis PB Natura Prambanan. (2) Pengaruh latihan menggunakan resistance band terhadap ketepatan smash atlet bulu tangkis PB Natura Prambanan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain ―One Groups Pretest-Posttest Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet bulu tangkis di PB Natura Prambanan yang berjumlah adalah 35 atlet. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling, dengan kriteria jenis kelamin laki-laki, berusia 12-16 tahun, tidak dalam keadaan sakit, bersedia mengikuti aturan pada treatment yang diterapkan. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 24 atlet. Instrumen untuk mengukur power tungkai yaitu tes vertical jump dan instrumen smash bulu tangkis menggunakan tes ketepatan smash yang telah ditetapkan PB PBSI. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan menggunakan resistance band terhadap power tungkai atlet bulu tangkis PB Natura Prambanan, dengan t hitung 5,454 dan t tabel 2,069, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Persentase peningkatan power tungkai atlet PB Natura Prambanan setelah diberikan latihan resistance band sebesar 5,43%. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan menggunakan resistance band terhadap ketepatan smash atlet bulu tangkis PB Natura Prambanan, dengan t hitung 5,752 dan t tabel 2,069, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Persentase peningkatan ketepatan smash bulu tangkis atlet PB Natura Prambanan setelah diberikan latihan resistance band sebesar 23,08%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Lismadiana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: resistance band, power tungkai, smash bulu tangkis
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:37
Last Modified: 06 Jun 2022 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73270

Actions (login required)

View Item View Item