Evaluasi Program Penilaian Sikap Sosial Siswa Program Keahlian Akuntansi pada Pembelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Nurrahman, Arief and Sukirno, Sukirno (2022) Evaluasi Program Penilaian Sikap Sosial Siswa Program Keahlian Akuntansi pada Pembelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-arief nurrahman-19701251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi keberadaan, kebijakan, perencanaan, dan pelaksanaan program; (2) menguji perbedaan pelaksanaan penilaian sikap sosial siswa program keahlian akuntansi pada pembelajaran akuntansi di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif, dengan model evaluasi discrepancy. Subjek penelitian ini adalah 369 siswa kelas XI SMK jurusan akuntansi, 30 guru mata pelajaran Akuntansi, 10 guru Bimbingan Konseling (BK), dan 10 guru wali kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik criteria sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala Likert 5, angket terbuka, lembar observasi, dan dokumentasi. Pembuktian validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi yang dikalkulasi dengan formula Aiken dan validitas konstruk menggunakan Explanatory Factor Analysis (EFA). Sedangkan reliabilitas instrumen diestimasi menggunakan koefisien Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data deskriptif persentase digunakan untuk mengukur tingkat ketercapaian program dan uji multivariat untuk menguji perbedaan pelaksanaan penilaian sikap sosial siswa SMK jurusan akuntansi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian sikap sosial siswa program keahlian akuntansi pada pembelajaran Akuntansi di SMK Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebagai berikut. (1) Komponen keberadaan program memiliki tingkat keberhasilan sebesar 74,86% dan 81,67% dan termasuk dalam kategori terlaksana dengan baik pada siswa dan sangat baik pada guru. (2) Komponen kebijakan program memiliki tingkat keberhasilan sebesar 81,85% dan 76,27% dan termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik pada siswa dan baik pada guru. (3) Komponen perencanaan program memiliki tingkat keberhasilan sebesar 85,23% dan 69,52% dan termasuk dalam kategori terlaksana dengan sangat baik pada siswa dan baik pada guru. (4) Komponen pelaksanaan program memiliki tingkat keberhasilan sebesar 76,80% dan 79,43% dan termasuk dalam kategori terlaksana dengan baik pada siswa dan baik pada guru. (5) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara keberadaan program, kebijakan program, perencanaan program, dan pelaksanaan program. (6) Instrumen yang dikembangkan untuk evaluasi dinyatakan valid dan reliabel berdasarkan hasil validitas konstruk yang menunjukkan hasil KMO 0.889 dan estimasi reliabilitas Alpha Cronbach 0.965.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, penilaian, sikap sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Jun 2022 06:50
Last Modified: 06 Jun 2022 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73265

Actions (login required)

View Item View Item