Dampak PPDB Sistem Zonasi terhadap Heterogenitas Akademis dan Geografis Peserta Didik SMP Negeri di Kota Tegal.

Hendral, Hanifah Nabila and Sudiyatno, Sudiyatno (2022) Dampak PPDB Sistem Zonasi terhadap Heterogenitas Akademis dan Geografis Peserta Didik SMP Negeri di Kota Tegal. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-hanifah nabila hendral-19701251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2018 dan dampaknya terhadap heterogenitas akademis dan geografis siswa SMP Negeri Kota Tegal yang ditinjau dari aspek input (sumber daya, program aplikasi, dan juknis), aspek proses (pelaksanaan PPDB dengan bantuan operator, pelaksanaan PPDB secara mandiri, dan kondisi pelaksana), aspek outcome geografis, dan aspek outcome akademis. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi kebijakan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan model evaluasi discrepancy oleh Provus. Responden yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari lima staf Dinas Pendidikan, sembilan kepala sekolah, 97 guru selaku panitia PPDB, 598 orang tua/wali siswa, dan 724 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan melalui dokumen, dan dokumentasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Reliabilitas dilakukan menggunakan Cronbach’s coefficient alpha. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, independent t- test, Mann-Whitney U- test dan uji-F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan PPDB SMP Negeri di Kota Tegal adalah sebagai berikut. (1) Berdasarkan aspek input yang terdiri dari komponen sumber daya, program aplikasi dan juknis, termasuk dalam kategori sangat baik atau segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan PPDB telah terpenuhi dengan sangat baik. (2) Berdasarkan aspek proses yang terdiri dari komponen pelaksanaan PPDB dengan bantuan operator, pelaksanaan PPDB secara mandiri, dan kondisi pelaksana termasuk dalam kategori sangat baik atau pelaksanaan PPDB berlangsung sesuai dengan aturan yang berlaku. (3) Berdasarkan aspek outcome pada komponen akademis, ada perbedaan yang signifikan pada rata-rata nilai akademis peserta didik PPDB sebelum zonasi dan setelah zonasi. Sebaliknya, pada variansi nilai akademik peserta didik tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara PPDB sebelum sistem zonasi dan setelah sistem zonasi. (4) Berdasarkan aspek outcome pada komponen geografis, ada perbedaan yang signifikan berdasarkan rata- rata lokasi dan jarak tempat tinggal peserta didik PPDB sebelum sistem zonasi dan setelah sistem zonasi. Sebaliknya, tidak ada perbedaan yang signifikan pada variansi lokasi tempat tinggal peserta didik PPDB sebelum zonasi dan setelah zonasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: discrepancy, evaluasi, PPDB, sistem zonasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:35
Last Modified: 06 Jun 2022 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73263

Actions (login required)

View Item View Item