Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Numerasi Peserta Didik SMP pada Pembelajaran Matematika,

Futri, Vegi Intan and Rosnawati, Raden (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Numerasi Peserta Didik SMP pada Pembelajaran Matematika,. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-vegi intan futri-19701251040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan yang diukur pada mata pelajaran matematika saat ini tidak hanya kemampuan materi matematika, tapi juga kemampuan numerasi, yaitu menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis konstruk instrumen kemampuan numerasi peserta didik SMP pada pembelajaran matematika, (2) menganalisis kualitas instrumen kemampuan numerasi peserta didik SMP pada pembelajaran matematika, dan (3) mendeskripsikan kemampuan numerasi peserta didik SMP pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan langkah meliputi: (1) menentukan tujuan penyusunan instrumen, (2) mencari teori yang relevan atau cakupan materi, (3) menyusun indikator butir instrumen/soal, (4) menyusun butir instrumen, (5) validasi isi, (6) revisi berdasarkan masukan validator, (7) melakukan uji coba, (8) melakukan analisis, dan (9) merakit instrumen. Subjek uji cobanya adalah peserta didik kelas VIII SMP negeri di Kota Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian berjumlah 645 peserta didik, yang ditentukan dengan menggunakan teknik stratified random sampling berdasarkan kategori nilai rata-rata ujian nasional matematika tahun 2019. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar validasi. Teknik analisis data terdiri dari analisis validitas isi dengan menggunakan formula indeks Aiken, analisis validitas konstruk dengan pendekatan multitrait-multimethod, reliabilitas dengan analisis reliabilitas komposit, analisis karakteristik butir dengan pendekatan teori tes klasik, dan analisis kemampuan numerasi matematika SMP berdasrkan nilai yang didapatkan oleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes valid secara isi dan konstruk (validitas konvergen dan determinan yang terbukti valid) dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,928. Tingkat kesukaran dan daya beda dari butir soal terdistribusi ideal sesuai syarat butir yang baik. Dari 40 butir soal, yang baik sebanyak 31 butir, yang terdiri dari empat soal menjodohkan, 14 pilihan ganda, enam butir pilihan ganda kompleks, lima butir isian singkat, dan dua butir uraian. Hasil analisis kemampuan peserta didik berdasarkan kemampuan numerasi matematika peserta didik SMP menunjukkan bahwa persentase peserta didik dengan kemampuan sangat kurang adalah 83,00%; kemampuan kurang sebesar 14,05%; kemampuan cukup sebesar 2,27%; dan kemampuan baik sebesar 0,68%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan numerasi, matematika SMP, pengembangan instrumen
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:21
Last Modified: 06 Jun 2022 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73262

Actions (login required)

View Item View Item