PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL REMAJA

Yusril Amrullah, Muhammad (2022) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL REMAJA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
2. Skripsi_Fulltext_Muhammad Yusril Amrullah_16112141012.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 merubah sebagian kegiatan remaja, salah satunya aktivitas berinteraksi sosial secara langsung, karena adanya kebijakan pembatasan kegiatan sosial. Fenomena tersebut menjadikan gadget sebagai pilihan untuk beraktivitas dan berinteraksi secara tidak langsung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan gadget terhadap interaksi sosial pada remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah 20.215 pelajar SMP/MTS di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan sampel penelitian sebanyak 392 pelajar yang ditentukan dengan menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala intensitas penggunaan gadget dan skala interaksi sosial dengan bentuk Likert. Validitas dalam skala penelitian ini menggunakan validitas isi yang dilakukan oleh ahli. Reliabilitas skala penelitian menggunakan formula dari Alpha Cronbach dengan hasil pada skala intensitas penggunaan gadget sebesar 0,935 serta sebesar 0,895 untuk skala interaksi sosial. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan gadget memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 11,8% terhadap interaksi sosial remaja (F=46,314; p=0,000 < α 0,05). Adapun garis persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = 102,790 + 0,253X. Kata kunci : intensitas penggunaan gadget, interaksi sosial, remaja.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Jurusan Psikologi
Date Deposited: 03 Jun 2022 08:13
Last Modified: 03 Jun 2022 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73250

Actions (login required)

View Item View Item