Evaluasi Sistem Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik Mata Pelajaran Matematika SMP di Kabupaten Bantul.

Dewi, Firda Listia and Istiyono, Edi (2022) Evaluasi Sistem Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik Mata Pelajaran Matematika SMP di Kabupaten Bantul. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-firda listia dewi-16701251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen evaluasi sistem penilaian, (2) mengevaluasi perencanaan penilaian, (3) mengevaluasi pelaksanaan penilaian, dan (4) mengevaluasi tindak lanjut penilaian hasil belajar peserta didik oleh pendidik mata pelajaran Matematika pada jenjang SMP di Kabupaten Bantul berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan sebelumnya mengembangkan instrumen evaluasi untuk sistem penilaian oleh pendidik. Model evaluasi yang digunakan adalah model Countenance Stake berupa tiga tahap, yaitu antecedent, transaction, outcome. Responden dalam penelitian ini adalah lima pendidik dan 214 peserta didik di SMP Negeri 2 Pleret dan SMP Negeri 1 Dlingo. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, lembar telaah dokumen RPP, dan pedoman wawancara. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas isi dan validitas konstruk, yaitu exploratory factor analysis. Reliabilitas diestimasi menggunakan Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif yang didukung dengan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) instrumen dikembangkan berdasarkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan sebagai acuan bagi pendidik dalam melakukan sistem penilaian, (2) perencanaan penilaian hasil belajar peserta didik termasuk dalam kategori baik dengan pencapaian sebesar 83,32%, (3) evaluasi pelaksanaan penilaian hasil belajar oleh pendidik menunjukkan pencapaian sebesar 80,865% dan termasuk dalam kategori baik, (4) tindak lanjut hasil belajar termasuk kategori baik dengan pencapaian sebesar 81,115%. Rekomendasi yang dapat diberikan berdasarkan hasil evaluasi adalah pendidik mata pelajaran Matematika kelas VIII di SMP N 2 Pleret dan SMP 1 Dlingo hendaknya membuat perencanaan penilaian untuk seluruh aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan baik, melaksanakan penilaian hasil belajar dengan bersungguh-sungguh, lebih memperhatikan aspek tindak lanjut hasil belajar terutama dalam hal pengayaan, serta dinas pendidikan maupun sekolah sebaiknya lebih banyak mengadakan seminar maupun pelatihan kepada pendidik khususnya dalam hal sistem penilaian hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: countenance stake, evaluasi, Matematika, penilaian hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Jun 2022 01:45
Last Modified: 06 Jun 2022 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73249

Actions (login required)

View Item View Item