Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran Kimia.

Marlina, Marlina and Hadi, Samsul (2022) Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran Kimia. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-marlina-19701251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen yang memenuhi konstruk tes keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran kimia; (2) mengembangkan instrumen yang memenuhi kualitas tes keterampilan berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran kimia; (3) mendeskripsikan hasil tes keterampilan berpikir tingkat tinggi mata mata pelajaran kimia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan modifikasi Model Wilson, Oriondo dan Antonio meliputi: (1) perencangan tes: a) menentukan tujuan tes, b) menentukan kompetensi yang akan diuji, c) menentukan materi yang diuji, d) menyusus kisi-kisi, (e) merumuskan stimulus, (f) penulisan item tes, (g) validitas item, (h) perbaikan item; (2) uji coba tes: (a) pelaksanaan ujicoba tes, (b) analisis data hasil ujicoba, (c) perbaikan tes ; (3) pengukuran tes: a) perakitan tes, b) pelaksanaan tes, c) penafsiran tes. Subjek penelitian sebanyak 182 peserta didik kelas XI MIPA SMAN di Kota Tegal. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir tingkat tinggi sedangkan lembar validasi digunakan sebagai Instrumen pendukung dalam penelitian ini. Analisis data menggunakan uji Aiken untuk mengecek tingkat validitas isi instrumen tes, analisis EFA untuk mengecek tingkat validitas konstruk instrumen tes dan uji PCM untuk menganalisis kualitas item tes tes, dan analisis deskriptif untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan tes keterampilan berpikir tinggi memenuhi validitas isi sebesar 0,99 (kategori sangat baik), nilai KMO sebesar 0,796, reliabilitas tes menggunakan Cronbach's Alpha sebesar 0,854. Hasil analisis PCM terdapat 16 item tes memiliki kategori fit sebesar 79% dengan model. Indeks kesukaran dari 20 item tes terdapat 1 item dalam kategori “Sukar” dan 19 item dalam kategori “Sedang”. Ability peserta tes (Ɵ) berada pada kisaran -4 sampai +4 yang tergolong baik. Hasil analisis tes keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMAN di Kota Tegal pada mata pelajaran kimia berada pada kategori sangat tinggi sebesar 1.6%; kategori tinggi sebesar 14.8%; kategori sedang sebesar 50.8%; kategori rendah sebesar 24.3% dan kategori sangat rendah sebesar 8.5%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Kimia, Partial Credit Models
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:21
Last Modified: 03 Jun 2022 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73248

Actions (login required)

View Item View Item