Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Sepakbola Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Temon Kulon

Yuma, Bagus Syaiful (2022) Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Sepakbola Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Temon Kulon. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_bagus syaiful yuma_18604221016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan peserta didik setelah diterapkannya metode tutor sebaya pada mata pelajaran PJOK khususnya teknik dasar passing pada permainan sepakbola kelas V di SD Negeri Temon Kulon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode tutor sebaya. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V di SD Negeri Temon Kulon tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah sebanyak 7 peserta didik. Variabel yang diamati dan diukur adalah hasil penilaian keterampilan peserta didik. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan keterampilan peserta didik kelas V pada mata pelajaran PJOK teknik dasar passing pada permainan sepakbola. Hasil keterampilan peserta didik meningkat sebesar 57,10% dari pra tindakan ke siklus I dan meningkat sebesar 14,30% dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: metode tutor sebaya, hasil keterampilan peserta didik, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:30
Last Modified: 03 Jun 2022 07:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73246

Actions (login required)

View Item View Item