PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI BUKU BACAAN BERJENJANG PADA SISWA KELAS 1 MI AL-ISLAM YOGYAKARTA

FADHILATULLAILI, NAILU (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI BUKU BACAAN BERJENJANG PADA SISWA KELAS 1 MI AL-ISLAM YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PGSD_NAILU FADHILATULLAILI_16108244053.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan dan 2) meningkatkan hasil keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Al-Islam Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Peningkatan keterampilan membaca permulaan ini dilaksanakan melalui media buku bacaan berjenjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart dengan kolaborasi peneliti dan guru. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas I MI Al-Islam yang berjumlah 18 siswa, yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan membaca permulaan dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes keterampilan membaca permulaan dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan buku bacaan berjenjang dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan dan 2) penggunaan buku bacaan berjenjang dapat meningkatkan hasil keterampilan membaca permulaan siswa. Peningkatan proses dapat dilihat pada hasil observasi yang telah dicatat pada lembar observasi dan catatan lapangan selama tindakan dilaksanakan. Peningkatan proses ini terlihat pada fokus dan keaktifan siswa rendah pada saat observasi meningkat menjadi lebih fokus dan beberapa siswa aktif di siklus pertama, dan kembali meningkat menjadi fokus dan aktif selama pembelajaran di siklus kedua. Sedangkan peningkatan hasil dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata setiap aspek membaca permulaan dan nilai rata-rata kelas pada hasil observasi sebesar 57.89 menjadi 67.67 pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 83.61. Tingkat pencapaian ketuntasan siswa dalam membaca permulaan pada saat observasi sebesar 33.33% menjadi 50% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 88.89%. Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media buku bacaan berjenjang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Nailu Fadhilatullaili 16108244053
Date Deposited: 06 Jun 2022 07:43
Last Modified: 06 Jun 2022 07:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73243

Actions (login required)

View Item View Item