Korelasi Antara Aktivitas Fisik Dengan Kesehatan Mental Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Yogyakarta di Era New Normal

Sariyan, Dyah Ayu Nur (2022) Korelasi Antara Aktivitas Fisik Dengan Kesehatan Mental Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Yogyakarta di Era New Normal. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dyah ayu nur sariyan_18601241034.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara aktivitas fisik dengan kesehatan mental pada mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Yogyakarta di Era New Normal. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dari General Physical Aktivy Questionnaire (GPAQ) untuk aktivitas fisik dan Self Reporting Questionnare-20 untuk kesehatan mental. Populasi yang digunakan adalah Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi angkatan 2018-2020. Sampel pada penelitian ini mengunakan teknik stratified random sampling, yaitu mahasiswa PJKR 2019 Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta yang berjumlah 87 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan kesehatan mental mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Yogyakarta di era new normal. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikasi 0.000 < 0.005, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dengan kesehatan mental.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Komarudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, kesehatan mental, mahasiswa
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 Jun 2022 01:52
Last Modified: 03 Jun 2022 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73240

Actions (login required)

View Item View Item