Survei Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Siswa SD Negeri Kembangsawit Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen di Masa Pendemi Covid-19

Irfan, Moh. Ridwan (2022) Survei Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Secara Daring Pada Siswa SD Negeri Kembangsawit Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen di Masa Pendemi Covid-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_moh ridwan irfan_17604221025.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran PJOK secara daring pada siswa SD Negeri Kembangsawit Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen di masa pendemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah triangulasi sumber meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan analisis data model Miles dan Huberman meliputi, reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Permasalahan pembelajaran daring pelajaran PJOK pada siswa SD Negeri Kembangsawit tidak hanya terjadi pada siswa akan tetapi terjadi juga kepada guru. Permasalahan pada siswa yaitu sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti HP dan kuota internet. Permasalahan yang terjadi pada guru lebih dikarenakan belum terbiasa dengan pembelajaran daring, kesulitan dalam hal penyiapan media pembelajaran yang digunakan, rendahnya penguasaan IT, kesulitan komunikasi dengan siswa dan anggapan orang tua bahwa PJOK bukan pelajaran penting. Upaya yang dilakukan oleh guru PJOK untuk mengatasi kendala yaitu: 1) Membuat kelompok-kelompok belajar; 2) Tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan; 3) Menyiapkan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran; 4) Bekerjasama dengan orang tua siswa dan memberikan pemahaman bahwa mata pelajaran olahraga sama pentingnya dengan mata pelajaran lain di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Guntur, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan pembelajaran, pembelajaran daring, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:50
Last Modified: 02 Jun 2022 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73233

Actions (login required)

View Item View Item