Profil Kemampuan Biomotor Peserta Didik Putra Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket SMA Negeri 2 Bantul

Prahardiksaaji, Didiv Wandha (2022) Profil Kemampuan Biomotor Peserta Didik Putra Peserta Ekstrakurikuler Bolabasket SMA Negeri 2 Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_didiv wandha prahardiksaaji_18601244024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Komponen biomotor merupakan faktor yang penting untuk diperhatikan dalam program pembinaan olahraga prestasi, tidak terkecuali pada olahraga bolabasket. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kemampuan biomotor peserta didik putra peserta ekstrakurikuler bolabasket SMA Negeri 2 Bantul yang meliputi kecepatan, kelincahan, power/daya ledak otot tungkai, koordinasi mata tangan, kekuatan otot lengan, kelentukan, dan daya tahan aerobik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan pengukuran. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik putra peserta ekstrakurikuler bolabasket SMA Negeri 2 Bantul yang berjumlah 29 peserta didik. Sampel yang dijadikan subjek penelitian yaitu 18 peserta didik yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes kecepatan (sprint 30 m), kelincahan (illinois agility run test), power/daya ledak (vertical jump test), koordinasi (lempar tangkap bola tenis), kekuatan (push up), fleksibilitas (sit and reach test), dan daya tahan aerobik (lari 1.600 m). Hasil penelitian profil biomotor peserta didik putra peserta ekstrakurikuler bolabasket SMA Negeri 2 Bantul dengan tes dan pengukuran menunjukkan kemampuan biomotor dari persentase terbesar adalah sebagai berikut: (1) Kecepatan sebesar 44,44% berkategori kurang, (2) Kelincahan sebesar 50% berkategori kurang, (3) Power/daya ledak otot tungkai sebesar 55,56% berkategori sedang, (4) Koordinasi mata tangan sebesar 44,44% berkategori kurang, (5) Kekuatan otot lengan sebesar 33,33% berkategori kurang, (6) Kelentukan sebesar 44,44% berkategori sedang, (7) Daya tahan aerobik sebesar 50% berkategori kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Danang Pujo Broto, M.Or.
Uncontrolled Keywords: biomotor, bolabasket, ekstrakurikuler, SMA Negeri 2 Bantul
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:09
Last Modified: 02 Jun 2022 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73232

Actions (login required)

View Item View Item