Hubungan Pola Tidur dan Aktivitas Fisik Dengan Kebugaran Jasmani Peserta Putri Ekstrakurikuler Bola Basket SMA Negeri 2 Klaten

Gusti, R. Abdi Anugrah (2022) Hubungan Pola Tidur dan Aktivitas Fisik Dengan Kebugaran Jasmani Peserta Putri Ekstrakurikuler Bola Basket SMA Negeri 2 Klaten. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_r. abdi anugrah gusti_18601244012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan antara pola tidur dengan kebugaran jasmani perserta putri ekstrakurikuler bola basket basket SMA Negeri 2 Klaten. (2) hubungan antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani perserta putri ekstrakurikuler bola basket basket SMA Negeri 2 Klaten. (3) hubungan aktivitas fisik dan intensitas penggunaan gawai dengan kebugaran jasmani perserta putri ekstrakurikuler bola basket SMA Negeri 2 Klaten. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode korelasional. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi. Instrumen untuk mengukur pola tidur dan aktivitas fisik menggunakan angket serta untuk kebugaran jasmani menggunakan tes masing-masing komponen. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment Pearson dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan variabel bebas meliputi pola tidur (X1), aktivitas fisik (X2), dan variabel terikat adalah tingkat kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan (Y). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) ada hubungan positif dan signifikan antara pola tidur dengan kebugaran jasmani, dibuktikan dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel sebesar 0,388>0,339. (2) Ada hubungan positif dan signifikan antara aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani, dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel sebesar 0,425>0,339. (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara pola tidur dan aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani, dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel sebesar 6,190>3,295.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Jaka Sunardi, M.Kes., AIFO.
Uncontrolled Keywords: pola tidur, aktivitas fisik, kebugaran jasmani, ekstrakurikuler, bola basket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:02
Last Modified: 02 Jun 2022 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73230

Actions (login required)

View Item View Item