Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Terkomputerisasi Pada Matapelajaran Biologi SMA.

Saputra, Aditya Nugraha Surya and Istiyono, Edi (2022) Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-Tier Terkomputerisasi Pada Matapelajaran Biologi SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-aditya nugraha surya saputra-18701251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan ketersediaan instrumen tes diagnostik sangat terbatas. Instrumen tes diagnostik digunakan untuk mendiagnosis tingkat pemahaman peserta didik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui spesifikasi instrumen tes diagnostik three-tier 2) menemukan karakteristik instrumen tes diagnostik three-tier 3) menghasilkan BioNosticsTest yang berkulitas 4) memperoleh hasil pelaksanaan tes diagnostik peserta didik 5) mengetahui keefektifan BioNosticsTest bagi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian design and development (DnD) dengan menggunakan pendekatan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate yang dikombinasikan dengan modifikasi Model Wilson dan Model Oriondo dan Antonio. Adapun kombinasi model pengembangan yang diterapkan terletak pada fase design, dan fase develop. Pada tahap perencanaan pengembangan instrumen dengan langkah penentuan tujuan tes, penentuan kompetensi yang diujikan, penentuan materi yang diujikan, penyusunan kisi-kisi tes, penulisan butir tes, dan penyusunan pedoman penskoran, masuk kedalam fase design, kemudian tahap perencanaan dengan langkah validitas item tes, perbaikan item dan perakitan tes serta tahap uji coba tes dan juga tahap perakitan tes masuk kedalam pada fase develop. Pengembangan media BioNosticsTest mengikuti tahapan disetiap fase model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan total subjek uji coba sebanyak 587 peserta didik kelas XI jurusan IPA. Adapun sekolah sebagai tempat penelitian terdiri dari 12 sekolah yakni SMAN 1 Wates, SMAN 2 Wates, SMAN 1 Temon, SMAN 1 Sentolo, SMAN 1 Girimulyo, MAN 1 Kulonprogo, SMAN 1 Pengasih, SMAN 1 Galur, SMAN 1 Kalibawang, SMAN 1 Lendah, MAN 2 Kulonprogo dan MAN 3 Kulonprogo. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) ) Produk ini merupakan penjabaran dari kompetensi dasar biologi kelas XI semester gasal yang mengukur aspek pemahaman peserta didik dan memiliki 2 paket soal dengan 20 butir dan 4 butir anchor di masing- masing paket, 2) Butir di dalam instrumen tes yang dikembangkan memiliki karakteristik: a) Hasil validitas isi menggunakan Aikens’V menunjukkan keseluruhan butir memiliki indeks validitas dengan rentang nilai 0,759-1 dan dinyatakan valid, b) Reliabilitas instrumen tes ditunjukkan oleh koefisien Cronbach Alpha berada pada kategori tinggi, c) Tingkat kesukaran untuk keseluruhan butir berada pada kategori sedang, d) analisis fungsi informasi dan SEM menunjukkan kecocokan instrumen tes untuk mengukur peserta didik yang memiliki kemampuan pada rentang θ dari -1,4 sampai dengan +1,4. 3) Kelayakan media BioNosticsTest yang dikembangkan memperoleh nilai sebesar 87,5% dengan kategori sangat layak. 4) Hasil pengukuran tes diagnostik peserta didik diperoleh hasil bahwa hampir seluruh materi pembelajaran biologi kelas XI semester ganjil didominasi oleh Miskonsepsi. 5) Keefektifitasan produk yang dikembangkan memperoleh presentase nilai rata-rata dari keseluruhan indikator sebesar 75,54% dan termasuk dalam kategori Efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tes diagnostik, three-tier, miskonsepsi, biologi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Jun 2022 07:12
Last Modified: 03 Jun 2022 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73224

Actions (login required)

View Item View Item