PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 2 KAPANEWON SANDEN

Maharani, Melina (2022) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS 2 KAPANEWON SANDEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Melina Maharani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika; 2) mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika; 3) mengetahui pengaruh kesiapan belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Se-Gugus 2 Kapanewon Sanden, baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Se-Gugus 2 Kapanewon Sanden tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 145 siswa dan hanya diambil 109 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi dan skala psikologi. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement dan analisis faktor. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Metode analisis data menggunakan regresi ganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat menggunakan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat pengaruh positif kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika, dengan nilai thitung 2,428 dan nilai signifikansi 0,017; 2) terdapat pengaruh positif motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, dengan nilai thitung 2,000 dan nilai signifikansi 0,048; 3) terdapat pengaruh positif kesiapan belajar dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika, dengan nilai Fhitung 16,911 dan nilai signifikansi 0,000. Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,242 atau 24,2%. Hasil ini mengindikasikan bahwa hasil belajar matematika dapat dijelaskan oleh variabel kesiapan belajar dan motivasi belajar sebesar 24,2%, sedangkan yang 75,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata kunci: Kesiapan, Motivasi, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 May 2022 02:25
Last Modified: 31 May 2022 02:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73206

Actions (login required)

View Item View Item