PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI SE- KELURAHAN BENER KOTA YOGYAKARTA

Winarni, Winarni (2022) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI SE- KELURAHAN BENER KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Winarni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui informasi tentang pengaruh antara perhatian orang tua selama pembelajaran tatap muka terbatas terhadap prestasi belajar Matematika; 2) mengetahui informasi tentang pengaruh antara motivasi belajar selama pembelajaran tatap muka terbatas terhadap prestasi belajar Matematika; 3) mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama selama pembelajaran tatap muka terbatas terhadap prestasi belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex- post facto. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri se - Kelurahan Bener Kota Yogyakarta sebanyak 98 peserta didik dengan sampel sejumlah 79 peserta didik yang ditentukan menggunakan rumus Yamane. Teknik pengumpulan analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear ganda. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perhatian orang tua secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Matematika dengan sumbangan efektif sebesar 20,8%; 2) motivasi belajar secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Matematika dengan sumbangan efektif sebesar 8%; serta 3) perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama -sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar Matematika dengan sumbangan efektif secara bersama-sama (simultan) sebesar 21%. Kata kunci: motivasi belajar, perhatian orang tua, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 May 2022 02:22
Last Modified: 31 May 2022 02:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73205

Actions (login required)

View Item View Item