PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SE-GUGUS 01 KAPANEWON JETIS BANTUL

Khoirun Nisa, Adina Idha (2022) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SE-GUGUS 01 KAPANEWON JETIS BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Adina Idha Khoirun Nisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh kemandirian belajar siswa kelas IV se-Gugus 01 Kapanewon Jetis yang masih sedang bahkan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV se- Gugus 01 Kapanewon Jetis Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex- post facto. Penelitian dilakukan di SD se-Gugus 01 Kapanewon Jetis. Populasi dalam penelitian merupakan siswa kelas IV se-Gugus 01 Kapanewon Jetis yang berjumlah 273 siswa, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 162 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling dengan proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang berbentuk instrumen disiplin belajar dan kemandirian belajar siswa. Uji validitas dalam penelitian ini mempergunakan validitas isi melalui analisis rasional atau expert judgement, melakukan perbaikan jika terdapat koreksian dari ahli, dan melakukan uji coba. Instrumen diuji cobakan kepada responden yang berbeda dengan sampel penelitian berjumlah 42 siswa. Selanjutnya uji reliabilitas instrumen dalam penelitian ini mempergunakan rumus cronbach alpha. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan merupakan uji regresi linear sederhana. Data variabel dalam penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin belajar berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 37,65%, sedangkan kemandirian belajar juga menempati kategori sedang dengan persentase sebesar 33,33%. Hasil pengujian hipotesis memperoleh persamaan linear regresi sederhana Y = 32,648 + 0,327X, dengan koefisien determinasi sebesar 31,8%. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa disiplin belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa kelas IV SD se-Gugus 01 Kapanewon Jetis. Kata kunci: disiplin belajar, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 May 2022 01:42
Last Modified: 31 May 2022 01:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73203

Actions (login required)

View Item View Item