Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasikan dengan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas XII Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dalam Kompetensi Dasar Diagnosis dan Perbaikan Sistem Injeksi Sepeda Motor.

Muthohhari, Farid and Sutiman, Sutiman (2022) Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasikan dengan Literasi Digital untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas XII Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dalam Kompetensi Dasar Diagnosis dan Perbaikan Sistem Injeksi Sepeda Motor. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-farid mutohhari-20702251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasikan dengan literasi digital (PBMTLD), (2) mengukur kelayakan model yang dikembangkan tersebut, dan (3) menganalisis efektivitas model tersebut dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas XII Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) pada kompetensi dasar diagnosis dan perbaikan sistem injeksi sepeda motor. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadopsi model pengembangan dari Borg & Gall dengan sepuluh langkahnya. Penelitian dilakukan di sekolah menengah kejuruan (SMK) pada program keahlian TBSM di Kabupaten Sleman. Subjek dalam penelitian ini adalah guru produktif dan siswa jurusan TBSM. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara, angket, dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk data wawancara dan angket, dan statistik inferensial uji-t untuk menganalisis data hasil observasi kreativitas belajar. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasikan dengan literasi digital untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas XII TBSM dalam kompetensi dasar diagnosis dan perbaikan sistem injeksi sepeda motor. Validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan media, serta penilaian kelayakan model yang dilakukan oleh praktisi pembelajaran memperoleh hasil dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa model PBMTLD yang dikembangkan dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada kompetensi dasar diagnosis dan perbaikan sistem injeksi sepeda motor. Keefektifan model tersebut diperoleh berdasarkan uji signifikansi uji-t antara hasil post-test kreativitas belajar, antara kelas eksperimen dan kelas control, yang menunjukkan nilai α < 0,05. Berdasarkan pada hasil tersebut, disimpulkan bahwa model PBMTLD terbukti kelayakannya dan keefektifannya dalam menstimulasi kreativitas belajar siswa kelas XII pada kompetensi dasar diagnosis dan perbaikan sistem injeksi sepeda motor.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar, literasi digital, pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 May 2022 08:15
Last Modified: 30 May 2022 08:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73197

Actions (login required)

View Item View Item