Evaluasi Program Kemitraan SMK Program Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dengan PT. Astra Honda Motor di SMK Ma’arif 1 Wates.

Anshory, Bastian and Suyanto, Slamet (2022) Evaluasi Program Kemitraan SMK Program Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dengan PT. Astra Honda Motor di SMK Ma’arif 1 Wates. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-bastian anshory-17702251020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran program kemitraan yang ditinjau dari: (1) aspek context; (2) aspek input; (3) aspek process; (4) aspek product dan kendala apa saja yang dihadapi dari program kemitraan antara SMK Ma’arif 1 Wates kompetensi keahlian TBSM dengan PT AHM. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi (evaluation research) model CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini dilakukan di SMK Ma’arif 1 Wates. Subyek penelitian ini adalah Kepala Program TBSM, 7 Guru Produktif, dan 198 Peserta didik program keahlian TBSM. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Uji validitas dengan validasi isi yaitu expert judgement dan valitidas konstruk dihitung dengan Product Moment, Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan program kemitraan antara SMK Ma’arif 1 Wates dengan PT AHM (1) dikaji dari aspek contex sebesar 85,7% termasuk pada kategori sangat sesuai (2) dikaji dari aspek input sebesar 84,4% termasuk pada kategori sangat sesuai (3) dikaji dari nilai pencapaian aspek process sebesar 87.2% termasuk pada kategori sangat sesuai (4) dikaji dari nilai pencapaian aspek product sebesar 84.3% termasuk pada kategori sangat sesuai. Kendala yang dihadapi antara lain: (1) program kemitraan memerlukan biaya yang banyak; (2) tidak semua peserta didik dapat melaksanakan PKL di bengkel AHASS; (3) keahlian yang dimiliki oleh lulusan akan lebih berfokus pada satu merk saja, yaitu Honda; (4) masih sedikitnya jumlah lulusan yang terserap oleh PT AHM.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: astra honda motor, CIPP, evaluasi, kemitraan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 May 2022 08:11
Last Modified: 30 May 2022 08:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73196

Actions (login required)

View Item View Item