Pengembangan E-Learning berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Daulay, Nishfah febriani and Surjono, Herman Dwi (2022) Pengembangan E-Learning berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-nishfah febriani daulay-16702251045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan e-learning berbasis problem-based learning sebagai media pembelajaran mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar bagi siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Yogyakarta; (2) mengungkap kelayakan e-learning yang dihasilkan tersebut dalam pembelajaran mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar kelas X TKJ SMK Negeri 3 Yogyakarta; dan (3) mengungkap keefektifan e-learning yang diihasilkan tersebut dalam meningkatkan kemampuan problem solving siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menerapkan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 25 orang siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Yogyakarta. Kelayakan e-learning ditentukan dari penilaian para ahli media, materi dan siswa. Perubahan kemampuan problem solving diketahui melalui perolehan nilai gain scores dan hasil uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) E-learning yang dirancangan khusus untuk mata pelajaran Komputer dan jaringan Dasar menerapkan sintaks problem based learning. (2) E-learning yang dihasilkan ini berada pada kategori layak untuk digunakan. (3) Penggunaan e-learning ini dalam meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik dalam pembelajaran tergolong efektif, dengan nilai gain skor sebesar 0,44 (sedang).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning, problem based learning, komputer dan jaringan dasar, problem solving
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 May 2022 08:06
Last Modified: 30 May 2022 08:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73192

Actions (login required)

View Item View Item