Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Trowono 1 Kabupaten Gunungkidul Tahun Pelajaran 2021/2022

Wati, Amelya Laras (2022) Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Trowono 1 Kabupaten Gunungkidul Tahun Pelajaran 2021/2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_amelya laras wati_18604224004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal pilihan ganda ujian akhir semester ganjil kelas V mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SD N Trowono 1 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh soal dan lembar jawab pilihan ganda ujian akhir semester ganjil kelas V mata pelajaran PJOK SD N Trowono 1. Penelitian ini menganalisis tentang tingkat kesukaran, daya beda, efektivitas pengecoh, serta distraktor yang menyesatkan. Analisis kuantitatif soal pilihan ganda dilakukan dengan menggunakan Program Item and Test Analysis (ITEMAN) versi 3.00. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari total 25 butir soal pilihan ganda ditinjau dari tingkat kesukaran menunjukkan 4% butir soal dalam kategori sukar, 32% butir soal dalam kategori sedang, dan 64% butir soal dalam kategori mudah. Ditinjau dari daya beda soal menunjukkan 32% butir soal dalam kategori baik sekali, 24% butir soal dalam kategori baik, 20% butir soal dalam kategori sedang, 12% butir soal dalam kategori jelek, dan 12% butir soal negatif. Ditinjau dari efektivitas pengecoh menunjukkan 60% memiliki efektivitas pengecoh yang baik, 40% memiliki efektivitas pengecoh kurang baik dari 100 butir alternatif jawaban. Ditinjau dari distraktor yang menyesatkan menunjukkan 6 butir soal memiliki distraktor yang menyesatkan, dan 19 butir soal tidak memiliki distraktor yang menyesatkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa analisis butir soal pilihan berganda sebanyak 64% butir soal tidak baik dan 36% butir soal baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: analisis butir, tingkat kesukaran, daya beda, pengecoh, distraktor
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 May 2022 06:43
Last Modified: 27 May 2022 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73173

Actions (login required)

View Item View Item