Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital Card Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Passing Basket Siswa SMP

Cahya, Indra Yunika Dwi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital Card Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Passing Basket Siswa SMP. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_indra yunika dwi cahya_20733251001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis digital card learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan keterampilan passing basket siswa SMP serta untuk mengetahui kelayakkan dan keefektifan media pembelajaran digital card learning tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) melalui 10 tahapan penelitian; 1) identifikasi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) uji coba produk (skala kecil), 6) revisi produk, 7) uji coba pemakaian (skala besar), 8) revisi produk akhir, 9) uji efektivitas dan 10) produk akhir. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 32 sampel untuk skala kecil, dan 64 sampel untuk skala besar. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penilaian dari para ahli yaitu ahli basket dan media menunjukkan bahwa media yang dikembangkan masuk dalam kategroi “Sangat Layak” untuk digunakan dengan persentase kelayakan sebesar 91%. Berdasarkan hasil uji skala kecil didapatkan hasil penilaian siswa sebesar 83%. Sedangkan hasil uji coba skala besar pada subjek penelitian, persentase kelayakan produk yang diperoleh sebesar 85%. Hasil analisis uji efektivitas yang dilakukan melalui uji paired t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 (pengaruh pada HOTS) dan 0,000 (pengaruh pada keterampilan passing) lebih kecil dari 0,05,. Sedangkan hasil uji independent t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 (HOTS) dan 0,030 (keterampilan passing).

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, Media Digital Card Learning, HOTS, keterampilan passing basket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 May 2022 04:14
Last Modified: 27 May 2022 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73170

Actions (login required)

View Item View Item