Agustinova, Danu Eko and Sariyatun, Sariyatun and Sutimin, Leo Agung and Purwanta, Hieronymus (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH DI MASA PANDEMI COVID-19. In: PROSIDING WEBINAR NASIONAL DEWAN PENGURUS PUSAT IKATAN ALUMNI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DALAM RANGKA DIES NATALIS KE-58 UNY, 21 April 2022, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
artikel 11_PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH DI MASA PANDEMI.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan berbagai problematika yang ditemukan dalam pembelajaran sejarah selama pandemi di sekolah menengah atas. Lokasi penelitian yang diambil adalah SMA Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini membahas tentang dampak yang muncul akibat pandemi Covid-19 yang merambah ke berbagai sekor salah satunya sektor pendidikan. Adanya pandemi Covid-19 mengubah beberapa kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan. Lembaga pendidikan kemudian melakukan inovasi untuk mengatasi permasalahan pendidikan selama pandemi. Inovasi tersebut terwujud dengan adanya pembelajaran daring. Pembelajaran daring dilaksanakan dengan memanfaatkan berbagai platfrom google meet, zoom, whatsapp grup, google classroom, dan sebagainya. Pembelajaran daring apabila tidak dilaksanakan dengan benar dapat memunculkan berbagai probematika dalam dunia pendidikan. Pada mata pelajaran sejarah sendiri juga muncul berbagai problematika selama pembelajaran daring. Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Sejarah, Covid-19
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Sejarah, Covid-19 |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah Pendidikan > Aspek Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 07:59 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 07:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73157 |
Actions (login required)
View Item |