IMPLEMENTASI SOCIAL PRESENCE DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MEMPERBAIKI KUALITAS PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL

Akbar, Ahmat Ario and Zuleyka, Aisha and Nafi'ah, Hilda Hidayatun and Hanum, Nuri Cholidah and Sari, Yesi Nila (2022) IMPLEMENTASI SOCIAL PRESENCE DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MEMPERBAIKI KUALITAS PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL. In: PROSIDING WEBINAR NASIONAL DEWAN PENGURUS PUSAT IKATAN ALUMNI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DALAM RANGKA DIES NATALIS KE-58 UNY, 21 April 2022, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
artikel 9_IMPLEMENTASI SOCIAL PRESENCE DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MEMPERBAIKI KUALITAS PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Adanya pandemi Covid-19 telah merubah sistem pendidikan di Indonesia yang awalnya pembelajaran dilakukan secara tatap muka menjadi daring. Hal tersebut tentunya menimbulkan beberapa hambatan bagi siswa seperti kurang terfasilitasinya sarana-prasarana. Setelah memasuki era new normal pembelajaran di Indonesia menggunakan model blended learning, dimana memadukan pembelajaran secara tatap muka dan online. Dengan menggunakan model pembelajaran blended learning ini menjadi sebuah tantangan bagi guru dalam membangun komunikasi yang efektif terhadap para siswa dan mengetahui kehadiran siswa yang berada di virtual atau daring. Oleh karena itu, perlu adanya social presence yang harus diterapkan oleh guru untuk menunjang model pembelajaran blended learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literatur dengan mengumpulkan sumber-sumber terpercaya seperti jurnal dan artikel yang relevan dengan pokok pembahasan penelitian ini. Penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengembangkan pembelajaran yang interaktif, kreatif, dan menarik sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara maksimal. Kata kunci : pendidikan, blended learning, sosial presence

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, blended learning, sosial presence
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL)
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 06 Jun 2022 08:00
Last Modified: 06 Jun 2022 08:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73155

Actions (login required)

View Item View Item