ANALISIS DESENTRALISASI FISKAL PROGRAM KEBIJAKAN DANA DESA TERHADAP KEMANDIRIAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun 2016-2020)

Sujito, Akhmad and Arif, Muhammad (2022) ANALISIS DESENTRALISASI FISKAL PROGRAM KEBIJAKAN DANA DESA TERHADAP KEMANDIRIAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun 2016-2020). In: PROSIDING WEBINAR NASIONAL DEWAN PENGURUS PUSAT IKATAN ALUMNI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DALAM RANGKA DIES NATALIS KE-58 UNY, 21 April 2022, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
artikel 6_ANALISIS DESENTRALISASI FISKAL PROGRAM KEBIJAKAN DANA DESA TERHADAP KEMANDIRIAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.pdf

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara Dana Desa terhadap Indeks Desa Membangun dan Tingkat Kesejahteraan di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Dalam penelitian ini alat analisis yang digunakan adalah analisis data panel dengan dua model ekonometrika pada 10 desa di Kecamatan Kebakkramat dalam kurun waktu 5 Tahun dari Tahun 2016-2020. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berbentuk data panel (gabungan antara data time series dan cross section) berupa data Dana Desa, Indeks Desa Membangun (IDM), dan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat (TKS) sejumlah 10 Desa di Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Data diperoleh dari Peraturan Bupati, Sistem Informasi Desa (KEMENDESA), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DISPERMADES), dan Badan Pusat Statistik (BPS). Dari hasil yang diperoleh Dana Desa memiliki pengaruh positif terhadap kemandirian desa dan tingkat kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar. Kata kunci : Dana Desa, Indeks Desa Membangun (IDM), Tingkat Kesejahteraan Masyarakat (TKS).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Dana Desa, Indeks Desa Membangun (IDM), Tingkat Kesejahteraan Masyarakat (TKS)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Perpajakan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL)
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 06 Jun 2022 08:01
Last Modified: 06 Jun 2022 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73152

Actions (login required)

View Item View Item