ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Surakarta)

Sumirah, Sumirah and Fauzan, Fauzan (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Surakarta). In: PROSIDING WEBINAR NASIONAL DEWAN PENGURUS PUSAT IKATAN ALUMNI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DALAM RANGKA DIES NATALIS KE-58 UNY, 21 April 2022, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
artikel 2_ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, latar belakang sekolah menengah dan fasilitas pembelajaran mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan semester 5 dan semester 7 jurusan akuntansi. Data dalam penelitian ini diambil berdasarkan kuesioner. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 98 orang mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan sosial dan fasilitas pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Sedangkan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan sekolah menengah asal tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Kata Kunci: Kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, fasilitas belajar, pemahaman akuntansi

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, fasilitas belajar, pemahaman akuntansi
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 06 Jun 2022 08:04
Last Modified: 06 Jun 2022 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73147

Actions (login required)

View Item View Item