Sumirah, Sumirah and Fauzan, Fauzan (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Surakarta). In: PROSIDING WEBINAR NASIONAL DEWAN PENGURUS PUSAT IKATAN ALUMNI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DALAM RANGKA DIES NATALIS KE-58 UNY, 21 April 2022, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
artikel 2_ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, latar belakang sekolah menengah dan fasilitas pembelajaran mahasiswa terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan semester 5 dan semester 7 jurusan akuntansi. Data dalam penelitian ini diambil berdasarkan kuesioner. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 98 orang mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan sosial dan fasilitas pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Sedangkan kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan sekolah menengah asal tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Kata Kunci: Kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, fasilitas belajar, pemahaman akuntansi
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial, fasilitas belajar, pemahaman akuntansi |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 08:04 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 08:04 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |